Beranda Pegunungan Arfak Bupati Yosias Saroy Ajak Masyarakat Pegaf Berperan Aktif Menjaga Keutuhan NKRI

Bupati Yosias Saroy Ajak Masyarakat Pegaf Berperan Aktif Menjaga Keutuhan NKRI

93
0
Yosias Saroy
Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018 yang digelar di Lapangan Iray, Senin (1/10/2018). Foto: PAK/R1

PEGUNUNGAN ARFAK, Papuakita.com – Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy mengajak masyarkakat kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) ikut berperan aktif dalam memajukan negeri ini sebagai wujud rasa nasionalisme dan patriotisme.

Hal itu diutarakan Bupati Yosias Saroy pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018 yang digelar di Lapangan Iray, Senin (1/10/2018).
“Selaku pimpinan daerah saya mengajak kepada semua lapisan masyarakat agar dapat berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI dan dapat menjaga serta membangun Kabupaten Pegunungan Arfak,” kata bupati.

“Saya berharap apa yang kita cita-citakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bagi warga masyarakat Kabupaten Pegunungan Arfak ini dapat terwujud dan terlaksana dengan baik berdasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tambah Bupati Yosia Saroy.

Upacara hari kesaktian Pancasila bertemakan “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.
Bupati menjelaskan, pancasila adalah Ideologi dasar bagi NKRI dan merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia dan diyakini sebagai komitmen bersama terhadap nilai-nilai luhur bangsa.

Bupati menekankan, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Untuk itu, perlu belajar dari pengalaman terdahulu bahwa banyak hal dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa melalui radikalisme, konflik sosial, terorisme.

“Kita percaya bahwa Pancasila dan UUD 1945 yang dikemas dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dapat mempersatukan kita dalam ikatan yang damai. Sehingga kita dapat merasakan hidup rukun antar umat beragama, saling gotong royong dalam memajukan negeri Indonesia yang kita cintai,” tutur bupati.

Para peserta upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018 yang digelar di Lapangan Iray, Senin (1/10/2018). Foto: PAK/R1

Di sisi lain, Bupati Yosias Saroy mengungkapkan, pemerintah daerah berkomitmen mengentaskan kemiskinan dan buta huruf serta pemerataan kesejahteraan di 10 distrik dan 166 kampung yang tersebear di kabupaten Pegaf.

Dengan demikian, lanjut bupati, untuk mencapai hal itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kita harus bahu membahu untuk mencapai cita-cita luhur bangsa Indonesia yang majemuk namun berjiwa gotong royong. Pada kesempatan yang baik ini saya berharap agar kita dapat menjaga Persatuan dan Kesatuan serta persaudaraan diantara kita. Hal yang tidak kalah penting kita harus saling bantu satu sama lain demi kepentingan bangsa Indonesia,” ucapnya berpesan.

Dalam kesempatan tersebut bupati mengimbau seluruh lapisan masyarakat dan jajaran pemerintah daerah agar selalu saling menghargai, dengan begitu maka nilai-nilai pancasila telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Atas nama pemerintah daerah dan keluarga saya selaku bupati Pegunungan Arfak mengapresiasi komitmen kita dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Selamat Merayakan Hari Kesaktian Pancasila. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa pencipta langit dan bumi senantiasa menyertai dan memberkati kita semua,” tutup bupati.

Turut hadir dalam upaca tersebut, April Indow (Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak), Kompol Baut Sunarianto (LO Pegunungan Arfak), Lettu Inf Katwadi (Danramil 1703-08 Anggi), Ipda Slamet Riyadi (Kapolsek Anggi), para Kepala Organisasi Prangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pegunungan Arfak. (PAK/R1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here