Beranda Pendidikan Wagub Lakotani Pantau Pelaksanaan UNBK Sejumlah SMK di Kaimana

Wagub Lakotani Pantau Pelaksanaan UNBK Sejumlah SMK di Kaimana

92
0
BERBAGI
Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani saat memantau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 2 Kabupaten Kaimana. Foto : WIH/PKT

KAIMANA, Papuakita.com – Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lokatani melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 01, SMKN 03, dan SMK YPK Efata di Kabupaten Kaimana, Selasa (3/4/2018). UNBK SMK Kaimana.

Pantauan PKT (papuakita.com), sekolah pertama yang dikunjungi adalah SMK Negeri 01 Perikanan dan Kelautan yang terletak di Kampung Coa, Distrik Kaimana.

Kehadirian orang nomor dua di jajaran birokrasi Pemprov Papua Barat ini disambut Kepala Sekolah, Rianto Alolinggi dan didampingi seluruh staf pengajarnya.

UNBK
Perserta UNBK di SMK YPK Efata Kabupaten Kaimana

Wagub Lakotani sempat memberikan motivasi kepada peserta ujian untuk tetap semangat dalam mengerjakan soal dan sukses meraih cita-cita demi menggapai masa depan cerah.

Meski demikian, Wagub tiba di Kaimana sehari lebih awal dari jadwal pelaksanaan UNBK, dengan didampingi sejumlah staf Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.

Kunjungan ke sejumlah sekolah penyelenggara UNBK ini, Wagub Lakotani didampingi Asisten II Setda Kaimana, Martinus Furima, Sekretaris Dinas Pendidikan Kaimana, Amir Furu serta sejumlah pejabat daerah lainnya.

Peserta UNBK di sekolah ini hanya 15 orang, dan terbagi dalam 4 jurusan yakni, Multi Media, Teknik Pengolahan Hasil Perikanan, Teknik Pengolahan Rumput Laut dan Nautika Kapal Penangkap Ikan.

“Tetap semangat dalam mendidik anak-anak dan terus berupaya meningkatkan kompetensi demi lahirnya siswa didik yang berprestasi,” ujar Lakotani berpesan kepada para guru di sekolah tersebut.

Pemantauan selanjutnya di SMK Negeri 02 Kampung Trikora. Suasan hangat ditunjukan para guru dan siswa-siswi kelas 10 dan 11, yang membentuk pagar betis di pintu masuk halaman sekolah.

Di sekolah ini, Wagub Lakotani melihat dari dekat ruang pelaksanaan UNBK. Adapun perserta UNBK di sekolah ini sebanyak 56 orang, terbagi dalam 6 jurusan.

Antara lain, Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pengeboran Minyak, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Sepeda Motor dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Meski suasana hujan deras, Wagub Lakotani tetap melanjutkan pemantauan di SMK YPK Efata, yang terletak di pusat kota Kaimana. Murid di sekolah ini didominasi anak (asli) Papua ini.

Didampingi Kepala Sekolah Klemens Kmur dan rombongan, Wagub melihat ruang pelaksanaan ujian di lantai 2. Total peserta ujian di sekolah terbanyak, yaitu 84 orang.

Jumlah ini terbagi dalam 3 jurusan yakni,Teknik Komputerisasi dan Jaringan, Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. Jumlah peserta ujian tidak sebanding dengan ketersediaan perangkat komputer yang hanya 30-an unit.

Dengan demikian, pelaksanaan UNBK di SMK YPK Efata dibagi dalam 3 kelompok dengan waktu pelaksanaan tiga tahap yakni, pagi, siang dan sore. (WIH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here