Beranda Ekonomi & Bisnis Bank Indonesia Papua Barat Sediakan 200 Juta Lembar UPK Pecahan Rp75 Ribu

Bank Indonesia Papua Barat Sediakan 200 Juta Lembar UPK Pecahan Rp75 Ribu

310
0
Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat Joko Pratikto menunjukkan UPK pecahan RP75 ribu. Foto : ARF

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Barat, Selasa (18/8/2020) resmi melayani penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) pecahan Rp75 ribu. Bank Indonesia bersama pemerintah mencetak UPK pecahan Rp75 ribu ini jumlahnya terbatas—sebanyak 75 juta lembar—disebar di seluruh Indonesia.

“Jumlah ini mewakili 73 keluarga yang ada di Indonesia sehingga diharapkan paling tidak satu keluarga memiliki satu lembar UPK dan tersebar di seluruh Indonesia,” kata Kepala BI perwakilan Papua Barat, Joko Pratikto di sela peluncuran UPK yang dipusatkan di halaman kantor perwakilan BI di Jalan Kota Raja.

Kepala BI perwakilan Papua Barat, Joko Pratikto memberikan keterangan pers di sela peluncuran UPK yang dipusatkan di halaman kantor perwakilan BI di Jalan Kota Raja. Foto : ARF

Di Papua Barat, BI akan melayani penukaran uang tersebut mulai 18 Agustus hingga 30 September mendatang. Selanjutnya, BI akan koordinasi dengan perbankan yang ada di wilayah Papua Barat dalam rangka memaksimalkan penukaran UPK, dengan harapan bisa lebih luas sampai ke pelosok-pelosok Papua Barat.

“Di Papua Barat tersedia sekira 200 ribu lembar. Jumlah ini memadai untuk kebutuhan masyarakat di Papua Barat,” ujar Joko.

BI, menurut Joko, akan memastikan UPK pecahan Rp75 ribu ini tidak dimiliki lebih dari satu oleh setiap keluarga. Untuk itu, cara mendapatkannya pun harus melalui sistem pendaftaran dan mengikuti daftar antrean.

“Masyarakat bisa memiliki UPK, hanya sistemnya harus terdaftar dan antre supaya semua bisa kebagian. Satu KTP hanya 1 lembar UPK yang diperolehkan. Untuk mendaftar bisa melalui aplikasi PINTAR. Aplikasi ini bisa diakses melalui situs pintar.bi.go.id. Daftar disitu dengan NIK, kita batasi seperti ini supaya pencegahan Covid-19 juga,” ujar Joko lagi.

Joko menambahkan, peluncuran UPK pecahan Rp75 ribu ini menjadi joy of people. Masyarakat ikut merasakan kegembiraan di HUT ke-75 kemerdekaan RI, menumbuhkan semangat memperkuat kebhinekaan dalam rangka menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang untuk Indonesia Maju.

Lihat juga  Perekonomian Papua Barat 2020 Diperkirakan Tumbuh Menguat di Atas 4 Persen
Yovita saat menunjukkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) pecahan Rp75 ribu. Yovita yang berprofesi sebagai ASN ini mengaku akan mengolkesi uang tersebut. Foto : ARF

Salah seorang warga, Yovita yang berkesempatan menukarkan UPK di hari pertama pelayanan, menuturkan sangat senang bisa memiliki UPK pecahan Rp75 ribu.

“Saya ingin menukarkan uang peringatan kemerdekaan karena ini limited edition (edisi terbatas), ini untuk memperingati kemerdekaan ke 75 Indonesia. Jadi uang ini langkah, juga untuk kenang-kenangan. Ada sesuai yang berkesan,” ujar Yovita yang juga berprofesi sebagai ASN. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.