Beranda Ekonomi & Bisnis BI Papua Barat Tingkatkan Ketrampilan Pelaksanaan SKNBI

BI Papua Barat Tingkatkan Ketrampilan Pelaksanaan SKNBI

259
0
Peserta kegiatan Capacity Building Penyelenggaraan Transfer Dana SKNBI, Sosialisasi Kebanksentralan dan Study Visit ke Bank Indonesia Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 23 orang yang merupakan perwakilan perbankan peserta kliring dari Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong, dan berlangsung selama 2 hari (25-26) Oktober 2018. Istimewa

MANOKWARI, Papuakita.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Capacity Building Penyelenggaraan Transfer Dana SKNBI, Sosialisasi Kebanksentralan dan Study Visit ke Bank Indonesia Jawa Barat.

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 23  orang yang merupakan perwakilan perbankan peserta kliring dari Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong, dan berlangsung selama 2 hari (25-26) Oktober 2018.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Barat, S. Donny Heatubun mengatakan, kegiatan ini diharapkan peserta memiliki peningkatan ketrampilan dalam pelaksanaan SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia) di provinsi Papua Barat, sehingga mendorong optimalisasi pemanfaatan SKNBI.

“Diharapkan perbankan di Papua Barat dapat mengomunikasikan peran dan tugas Bank Indonesia tidak hanya dalam sistem pembayaran tetapi juga dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta pengendalian inflasi di Papua Barat,” kata Donny.

Adapun kegiatan hari pertama adalah study visit ke Museum Bank Indonesia yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3 Jakarta Barat. Puncak kegiatan adalah capacity building dan study visit ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR)  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Imaduddin Sahabat. Turut hadir dalam kegiatan Kepala Unit Operasional Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Datje Chandra S.

Kata Donny, kegiatan capacity building di kantor perwakilan BI Provinsi Jawa Barat diisi pemaparan oleh narasumber dari Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran (DPSP) Bank Indonesia, Tony Fernando Pasaribu dengan topik “Kebijakan dan Rencana Pengembangan SKNBI, Cek dan Bilyet Giro (BG)”, juga narasumber dari kantor perwakilan BI provinsi Papua Barat, Romario dengan topik “Sosialisasi Kebanksentralan”.

Peserta juga diajak mengunjungi ruang kliring kantor perwakilan BI provinsi Jawa Barat. Peserta dapat menyaksikan proses kliring untuk wilayah Jawa Barat.

“Pemilihan lokasi kegiatan di kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi Jawa Barat dikarenakan sistem kliring yang digunakan sudah otomatis mengingat volume dan jumlah transaksi yang besar,” ungkap Donny.

Donny menambahkan, kegiatan Capacity Building Penyelenggaraan Transfer Dana SKNBI, Sosialisasi Kebanksentralan dan Study Visit ke Bank Indonesia Jawa Barat. Adalah wujud komitmen BI, untuk terus mendukung kelancaran sistem pembayaran di wilayah provinsi Papua Barat sebagaimana tertuang dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana perubahan terakhir dengan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2009 (UU Bank Indonesia).

“Tugas Bank Indonesia adalah mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. Dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman dan andal yang mendukung stabilitas sistem keuangan maka Bank Indonesia menyelenggarakan sistem kliring antar bank yang dikenal dengan nama Sistem Kliring nasional Bank Indonesia atau SKNBI,” katanya. (RBM)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here