Beranda Ekonomi & Bisnis Generasi Baru Indonesia Papua Barat Selenggarakan Seminar Kewirausahaan dan Sosialisasi Kebanksentralan

Generasi Baru Indonesia Papua Barat Selenggarakan Seminar Kewirausahaan dan Sosialisasi Kebanksentralan

254
0
Komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Papua Barat. Dok. BI Perwakilan Provinsi Papua Barat.

Manokwari, Papuakita.com – Komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Papua Barat menyelenggarakan seminar kewirausahaan dan sosialisasi kebanksentralan kepada mahasiswa yang berlangsung di Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Sabtu (17/11/2018).

Kegiatan ini diisi materi sosialisasi edukasi kebanksentralan oleh nara sumber dari Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat, gerbang pembayaran nasional (GPN), ciri-ciri keaslian uang rupiah.

“Sosialisasi GPN kali ni merupakan tindak lanjut dari peluncuruan GPN di Papua Barat,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, S. Donny H. Heatubun melalui siaran pers yang di terima papuakita.com.

Seminar kewirausahaan ini menghadirkan pengusaha muda kuliner, Gusfian Nur. Ia berpengalaman menyampaikan seminar kewirausahaan di kalangan akademisi, komunitas-komunitas wirausaha, kalangan pengusaha muda dan BI

“Orang bisa sukses berwirausaha karena memiliki semangat pantang menyerah dan tujuan yang ingin dicapai. Semangat pantang menyerah diperlukan karena dalam wirausaha kegagalan dan kerugian adalah hal yang sulit untuk dihindari,” katanya.

Menurut Gusfian Nur, salah satu kunci sukses menjadi pengusaha adalah menjaga relasi, baik dengan konsumen maupun pengusaha lainnya.

Dia mengatakan, konsumen sebagai pembeli produk harus mendapat pelayanan secara optimal sehingga diharapkan loyal membeli produk, sedangkan relasi dengan pengusaha lainnya juga penting guna kerjasama meningkatkan skala bisnis atau mencari peluang bisnis baru.

“Anak muda di Papua Barat pasti dapat menjadi pengusaha sukses dengan syarat berani keluar dari zona nyaman,” ujarnya.

Seminar yang diselenggarakan merupakan wujud komitmen BIa untuk terus mendukung pengembangan pendidikan di Papua Barat yang telah dituangkan dalam perjanjian kerja sama antara BI provinsi Papua Barat dan Unipa tentang Program Beasiswa.

Seminar ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat wirausaha agar dapat lahir pengusaha-pengusaha muda dari Papua Barat.

Selain itu, juga dapat meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai pentingnya kewirausahaan bagi perekonomian, menanamkan sikap pantang menyerah dan percaya diri kepada mahasiswa, tidak hanya untuk berwirausaha tetapi juga dalam menghadapi berbagai tantangan dunia kerja.

Juga meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai peran dan fungsi Bank Indonesia, khususnya pengendalian inflasi, kebijakan moneter, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah. (RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here