Beranda Ekonomi & Bisnis Pertamina Gelar Upacara Hari Kemerdekaan ke-74 di Bawah Laut Ternate

Pertamina Gelar Upacara Hari Kemerdekaan ke-74 di Bawah Laut Ternate

200
0
Upacara Bendera bawah laut yang digelar PT Pertamina MOR VIII di Laut Ternate, Maluku Utara. Foto : Dok. MOR VIII

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Pertamina menggelar upacara bendera bawah laut dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 sekaligus meresmikan Pertamina Underwater Zone di kawasan Jikomalamo, Ternate, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (17/8/2019).

Pertamina Underwater Zone (zona bawah laut pertamina) merupakan spot foto bawah air berupa replika SPBU di bawah air di perairan Jikomalamo yang terletak 2 kilo meter dari Teluk Sulamadaha, Pulau Ternate.

Pertamina Underwater Zone (zona bawah laut pertamina) merupakan spot foto bawah air berupa replika SPBU di bawah air di perairan Jikomalamo yang terletak 2 kilo meter dari Teluk Sulamadaha, Pulau Ternate. Foto : Dok. MOR VIII

Branch Manager Marketing Operation Region VIII Maluku-Papua PT Pertamina (Persero), Donny Brilianto berkesempatan membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Donny menyampaikan, program ini merupakan upaya pertamina dalam menjalankan tanggung jawab sosial di samping menjalankan komitmennya untuk menyediakan energi bagi masyarakat. Demikian Donny melalui siaran pers yang diterima, Minggu (18/8/2019).

“Tujuan yang ingin dicapai dari program Pertamina Underwater Zone di Jikomalamo ini selain menjaga dan melestarikan ekosistem bawah laut juga mengenalkan produk-produk unggulan pertamina kepada wisatawan yang berkunjung di Jikomalamo Ternate,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, Kepala Bidang UMKM Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Ternate, Sunarto Andili, dan 13 divers dari Pertamina Diving Club (PDC).

Donny menambahkan, dengan dukungan dari semua pihak program ini diharapkan memberikan manfaat dalam pelestarian ekosistem bawah laut yang juga memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan daerah sektor pariwisata di Maluku Utara.

Salah seorang penyelam PDC Deni Wahyu menyampaikan apresiasi. Ia mengatakan, suatu kehormatan PDC untuk turut serta menyukseskan acara ini. Kegiatan seperti ini juga merupakan agenda rutin tahunan PDC, yang biasanya dilaksanakan secara mandiri.

Deny berharap, semoga ke depannya bisa dilakukan secara sinergi dengan unit-unit bisnis lainnya, sehingga manfaatnya dirasakan secara maksimal dan berkelanjutan.

“Lokasinya sangat strategis, perairan yang tenang, kondisi karangnya bagus sekali, tutupan karang masih rapi, sehingga punya potensi wisata selam yang baik,” terangnya.

Sunarto Andili dalam kesempatan yang sama menyerahkan pinjaman modal secara simbolis kepada mitra binaan Program Kemitraan (PK) PT Pertamina (Persero) senilai 1 miliar rupiah untuk 22 UKM di Ternate.

Pinjaman tersebut sebagai bukti bahwa pertamina juga terus menjalankan program kemitraan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu menjadi mandiri dan berdaya saing tinggi dari wilayah operasi pertamina. (*/RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here