oleh

Semangat UNGGUL, Bank Indonesia Kampanye QRIS di Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik, atau mobile banking telah diluncurkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke- 74 pada 17 Agustus 2019 di Jakarta.

Meski demikian, guna memberikan persiapan yang matang bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran(PJSP), QRIS ini baru bisa efektif diberlakukan mulai per 1 Januari 2020.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Barat Donny H. Heatubun mengatakan, dalam mengampanyekan QRIS ini Bank Indonesia (BI) mengusung semangat UNGGUL: (Universal, Gampang, Untung dan Langsung), yang bertujuan untuk mempermudah transaksi, mempercepat inklusi keuangan serta untuk memajukan UMKM yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Intinya QRIS ini bukan aplikasi tapi salah satu alternatif pembayaran non tunai, cukup dengan men-scan barcode. Bertujuan untuk mempermudah dan memperlancar transaksi. Untuk mendapatkan QRIS ini setiap orang yang mempunyai rekening bank manapun bisa mendapatkannya dengan cara mendaftar pada bank tersebut,” jelas Haetubun, Senin (2/3/2020).

QRIS UNGGUL ini mengandung makna, Pertama, Universal adalah bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di dalam maupun di luar negeri.

Kedua, Gampang adalah masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman hanya melalui ponsel. Ketiga, Untung adalah transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli maupun penjual, karena bertransaksi lebih mudah, efisien dan QRIS dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Keempat, Langsung adalah transaksi dengan QRIS langsung terjadi, prosesnya cepat dan mendukung kelancaran sistem pembayaran. Kampanye QRIS di Manokwari dimulai pada 9-14 Maret. Untuk memeriahkan acara puncak pesta rakyat Kampanye QRIS, BI juga sudah mempersiapkan berbagai perlombaan, seperti lomba karya tulis, foto terkait QRIS, video serta ada doorprize.

Lihat juga  Bank Indonesia Gandeng Keuskupan Manokwari-Sorong Salurkan Bantuan Alat Kesehatan dan Bahan Makanan

“Kita akan mulai mengkampanyekan QRIS 9-14 Maret, puncaknya akan ditutup pada pesta rakyat yang akan digelar di GOR Sanggeng. Kampanye QRIS juga dilakukan di kampus dan sekolah,” pungkasnya. (LPS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed