Sinergi BI dan PWI Papua Barat gelar lomba jurnalistik

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua Barat bersinergi dengan PWI Papua Barat, menggelar kompetisi Karya Tulis Jurnalistik BI tahun 2024.

Lomba karya tulis jurnalistik ini mengusung tema “Mendorong Perkembangan dan Inovasi UMKM, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata dalam Rangka Menghadapi Persaingan yang Semakin Kompetitif, Sesama Pelaku Usaha.”

Kepala Humas BI perwakilan Papua Barat Rheza Anfasa mengatakan, lomba karya tulis mengusung tema yang dapat mengajak para wartawan di PB dan PBD menyebarluaskan cerita baik dan inspiratif dari UMKM dan Pariwisata di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Pengumuman lomba yang terbuka untuk umum dan wartawan di Papua (PB) Barat dan Papua Barat Daya (PBD) ini akan disampaikan di kegiatan Torang Creative dan Ecotourism Festival 2024 yang akan dilaksanakan pada 18 – 19 Mei 2024, di halaman  kantor Walikota Sorong, Papua Barat Daya.

Edukasi dan sosialisasi

Dalam agenda tersebut, akan ada pameran UMKM, pergelaran Fashion Show by Batik Kasuari, Talkshow pojok ekowisata, Business matching (antara pelaku bisnis dan calon mitra usaha /UMKM), kuis interaktif, berbagai atraksi budaya, fun walk, sosialisasi dan edukasi, doorprize dan zumba.

Selain lomba karya jurnalistik, juga ada lomba photo competition, video competition, E-Sport (mobile legends) dan dance.

Lanjut Rheza, BI berkomitmen untuk senantiasa mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah melalui pengelolaan bidang moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

Pengelolaan ketiga bidang tersebut terimplementasikan melalui kebijakan BI dan terejawantahkan melalui berbagai instrumen yang sesuai dengan bidang tugas terkait.

Menurutnya, dengan tugas, fungsi, dan peran BI tersebut sangat membutuhkan peran pers. PWI sebagai salah satu organisasi Pers yang  memiliki peran untuk mendorong peningkatan kapasitas wartawan. 

“Jadi untuk menggambarkan tema tersebut, para peserta bisa mengangkat UMKM dan Pariwisata di wilayah PB dan PBD yang berhubungan dengan inovasi

Khususnya bagaimana peran generasi milenial dan generasinz untuk turut serta mendorong ekonomi kreatif (Digitalisasi dan Smart Integrated UMKM), yang tentu dampaknya untuk meningkatkan Pariwisata berkelanjutan di tanah Papua,” tutur Rheza.

Lihat juga  Warga Manokwari Antusias Berdonasi untuk Korban Banjir Bandang Sentani

Peran UMKM

Rheza melanjutkan, para pelaku UMKM di daerah juga memiliki peran penting dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sehingga dapat mendorong pengembangan UMKM dan kolaborasi peningkatan pariwisata. Ini tentu butuh dukungan semua pihak, termasuk peran pers.

Adapun hadiah bagi para pemenang lomba karya tulis sangat menarik. Ada 3 hadiah utama gadget untuk 3 orang pemenang, dan hadiah favorit. Sementara itu, para peserta diwajibkan memfollow dan mengetag serta mention akun sosial media (sosmed) instagram @bank_indonesia_papuabarat, dan karya tulis wajib diupload di instagram peserta.

Akun instagram peserta tidak di private, dan peserta wajib berdomisili di Provinsi PB dan PBD. Karya tulis para peserta agar dikirimkan melalui link : Https://bit.ly/karyatulisorang, dengan format file : Nama_Judul Tulisan.

Untuk ketentuan umum, karya tulisan originil bukan plagiat, isi tulisan minimal 1.500 karakter dengan tata bahasa yang rapih dan tepat guna.

Peserta mampu menampilkan, karya tulis yang kreatif dan inovatif, secara khusus yang memuat pengembangan UMKM khas dan pariwisata yang berada di PB dan PBD.

Ketua PWI Papua Barat Bustam berharap, melalui kompetisi ini, semakin memperkuat komitmen BI Papua Barat dalam pengembangan UMKM dan pariwisata di dua provinsi ini.

Menjadi informasi, bahwa sektor pariwisata di Tanah Papua, secara khusus di wilayah PB dan PBD adalah sektor potensial yang bisa berkembang melalui inovasi guna meningkatkan daya saing, dan merangsang pertumbuhan pelaku usaha ekonomi UMKM untuk terlibat dan bertumbuh.

Bustam mengapresiasi BI Perwakilan Papua Barat yang melibatkan PWI sebagai dewan juri, selain dari akademisi, yang akan menilai karya-karya tulis tersebut.

“Ini dorongan nyata dan wujud perhatian BI. Kami menilai ini sangat penting, karena dapat mendorong dan menggairahkan kembali semangat berwisata dan menonjolkan UMKM lokal bersama para wartawan,” papar Bustam.

Lihat juga  Bank Indonesia Papua Barat Kembangkan Desa Wisata di Raja Ampat

Bustam juga mengharapkan, keterlibatan dan peran aktif para wartawan untuk turut serta mengikuti rangkaian lomba tersebut.

“Kegiatan ini sangat positif, kami tentu memberikan apresiasi. Semoga kegiatan ini mendukung wartawan dalam menghasilkan karya jurnalistik terbaiknya,” ujar Bustam.

Ketua SIWO PWI Papua Barat Adrian Kairupan mengharapkan, melalui dukungan dan kerja sama  BI Perwakilan Papua Barat ini, menjadi bagian dari implementasi dalam merangsang kunjungan wisatawan dan nilai promosi wisata serta mendorong peningkatan sektor UMKM di daerah.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan kepada organisasi pers dalam hal ini PWI Papua Barat. Dalam mempersiapkan para anggotanya untuk terus mengasah kemampuannya untuk menghasilkan karya jurnalistik melalui tulisan yang memuat ide-ide kreatif sebagai respon intelektual.

Adrian menambahkan, sinergi ini menjadi harapan agar bersama melahirkan referensi dalam menonjolkan hasil-hasil UMKM di daerah yang nantinya dapat menopang para pelaku-pelaku ekonomi di Tanah Papua.

“Juga PWI melalui Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Papua Barat bisa mempersiapkan para penulis berbakat yang mampu memberikan edukasi dan perhatiannya melalui karya tulis, serta bisa menjadikan ajang lomba oleh BI  ini sebagai kesiapan diri menuju Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 19-26 Agustus 2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), dimana lomba karya jurnalistik juga diperlombakan,” imbuhnya. (*/PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *