oleh

Tiga Pilar Mandiri Taspen Berdayakan 9.000 Pensiunan di Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Bank Mandiri Taspen (Mantap) melalui tiga pilar mantap, yakni Mantap Sehat, Mantap Aktif, dan Mantap Sejahtera berkomitmen memberikan pelayanan prima serta pemberdayaan kepada 9.000 nasabahnya yang teridiri atas pensiunan TNI/Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Papua Barat.

Distribution Head IV Bank Mantap Cabang Manokwari, I Dewa Gede Suardana mengatakan, fokus pelayanan sudah akan diberikan kepada para calon pensiunan jelang memasuki masa pensiunan tepatnya 3 tahun sebelum pensiun.

“Pelayanan ini agar para calon pensiunan menjelang pensiun tidak kebingunan. Apalagi sampai setress karena sudah tidak ada jabatan dan pekerjaan,” ujar Suardana, Jumat (18/1/2019).

Di massa seperti itu, menurtu Suardana, ada ketakutan karena pasti rutinitas sudah tidak ada. Sehingga para pensiunan mudah sakit karena pikiran. Dengan tiga pilar mantap, dia optimis para nasabah mudah untuk adaptasi dengan lingkungan barunya setelah benar-benar pensiun.

“Setiap minggu kami melakukan pertemuan dengan para pensiunan, agar mereka bisa membangkitkan jiwa sehat dan memberikan pendidikan kewirausahaan terutama tentang hidroponik,” tuturnya.

“Menjual sayur dari hasil hidroponik tentu saja akan ada yang memasarkan hasil tersebut. Jangan takut saat memasuki masa pensiunan, karena bisa tetap kerja dan menghasilkan uang. Ada banyak program khusus untuk para pensiunan mantap sejahtera,” tambah Suardana.

Pegawai Bank Mantap Cabang Manokwari mengabadikan momentum peresmian Kantornya pada Selasa lalu. Foto : MKD/PKT

Dijelaskan Suardana, Mantap Sehat adalah, bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pensiunan TNI/Polri dan ASN. Nasabah bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala tanpa dipungut biaya alias grasits. Pemeriksaan ini bisa dilakukan setiap pengambilan gaji.

Selain itu, Mantap Aktif adalah, program yang mendukung penciptaan masyarakat, khususnya pensiunan yang aktif, produktif, serta tangguh dan bahagia. Kegiatannya dapat diwujudkan dengan pembentukan komunitas pensiuanan.

Lihat juga  Sriwijaya Air Rute Manokwari-Makassar Segera Dibuka Kembali, Kapasitas Penumpang Dibatasi

Adapun Mantap Sejahtera adalah, program untuk merealisasikan pensiunan yang mandiri dan sejahtera lewat wirausaha.

“Bank Mantap Manokwari akan menfasilitasi pensiunan dalam mengembangkan wirausaha. Wirausaha bank mantap ini disebut Mantapreneur. Kami akan mencari mentor untuk melatih bapak dan ibu sekaligus nanti akan membeli hasil dari usaha bapak dan Ibu,” tuturnya.

Suardana menambahkan, bank mantap juga akan menyediakan layanan mobile sehingga memudahkan para pensiunan tanpa harus ke Taspen.

“Di Tabungan Simantap pensiun tidak ada saldo mengendap dan tidak ada saldo awal. Apabila gaji sudah masuk dan mau diambil semua, silahkan saja,” tutup Suardana. (MKD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed