Beranda Hukum & Kriminal Ditlantas Polda Papua Barat Gandeng BRI Luncurkan Program SIM Spesial

Ditlantas Polda Papua Barat Gandeng BRI Luncurkan Program SIM Spesial

347
0
Dirlantas Polda Papua Barat, AKBP Raydian Kokrosono, S.I.K Foto : terbaiknews.net

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Kabar gembira bagi masyarakat yang hendak membuat Surat Izin Mengemudi (SIM), Kepolisian Republik Indonesia saat ini menggandeng pihak sponsorship dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan program pembuatan SIM—atau program SIM spesial. Program ini berlaku secara nasional.

“Pembuatan SIM spesial berlangsung serentak di seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Papua Barat, ini berlaku per 1 Juli 2020 bersamaan dengan hari Bhayangkara ke 74,” kata Dirlantas Polda Papua Barat, AKBP Raydian Kokrosono, S. IK melalui keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Informasi layanan pembuatan SIM Spesial. Foto : Ditlantas Polda Papua Barat

Dalam program ini biaya pembuat SIM akan dibantu pihak BRI, khusus untuk pembayaran PNBP (penerimaan negara bukan pajak). Sedangkan biaya untuk uji kesehatan tetap berlaku normal.

Seperti diketahui, dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP menyebutkan rincian biaya pembuatan SIM adalah sebagai berikut : Biaya PNBP pembuatan SIM A Rp120.000, SIM C Rp100.000, dan biaya SIM D Rp50.000.

“Pembuatan SIM spesial ini ada syarat tertentu. Syarat pembuatan SIM spesial antara lain hanya berlaku buat pemohon yang lahir pada tanggal 1 Juli. Hal ini karena pembuatan SIM spesial itu untuk memperingati hari ulang tahun Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020,” ucapnya.

Syarat pembuatan SIM spesial hari Bhayangkara hanya berlaku untuk kalangan tertentu dengan menetapkan syarat bagi warga yang memiliki tanggal lahir 1 Juli.

Lebih lanjut, Raydian menyampaikan, selain layanan pembuatan SIM tersebut, Ditlantas Polda Papua Barat dan jajaran akan melaksanakan berbagai macam kegiatan sosial kepada masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih karena sudah bisa berprilaku tertib berlalu lintas di jalan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mau menjadikan keselamatan berlalu lintas sebagai sebuah kebutuhan,” tutupnya. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.