by

Ditresnarkoba Polda Pabar tangkap pengedar sabu lintas provinsi

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua Barat berhasil menangkap AB dan MD, warga Kota Makassar yang menjadi kurir dan pengedar narkotika jenis sabu lintas provinsi. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Adapun AB dan MD ditangkap di Kota Makassar 7 Mei lalu. Kedua pengedar sabu tersebut, kini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan tengah menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Ditresnarkoba.

“Dari hasil penyelidikan, AB dan MD merupakan pemain lama, jaringan pengedar sabu lintas provinsi. Keduanya berhasil ditangkap berdasarkan hasil pengembangan kasus sabu dengan tersangka yang tangkap di atas KM Sabuk Nusantara di Kota Sorong belum lama ini,” jelas Direktur Reserse Narkoba Kombespol Agustinus Fernando Indra Napitupulu.

Dari tangan kedua tersangka, penyidik berhasil mengamankan barang bukti (BB) berupa sabu 3,02 gram, uang tunai Rp300, telepon genggam, dan rokok filter. Diketahui, modus operandi yang digunakan para tersangka untuk memasok sabu dari Makassar ke Papua Barat yakni, melalui jalur kapal laut.

“AB berhasil ditangkap di sekitar SPBU di daerah Tallo. Sementara, MD ditangkap di kota Makassar juga tepatnya di Jalan Cumi-cumi di daerah Tello. Rata-rata sabu yang masuk ke Papua Barat dipasok dari Makassar,” katanya.

Indra Napitulu menambahkan, kasus penyalahgunaan narkotika yang menjerat kedua tersangka ini akan dilimpahkan ke Polda Sulawesi Selatan guna proses hukum lebih lanjut.

“Berkas perkaranya sementara dilengkapi dan setelah itu akan dilimpahkan ke Polda Sulawesi Selatan. Kami masih mengembangkan kasus sabu lintas provinsi ini dengan tersangka AB dan MD, ini sudah mengarah ke satu pelaku yang diduga menjadi bandar berinisial B, saat ini sudah jadi buronan,” tutup Indra Napitupulu.

Atas perbuatannya para tersangka diganjar Pasal 112 ayat 1 juncto Pasal 114 ayat 1 Undang Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana kurungan minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun. (PK-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *