Beranda Hukum & Kriminal Gandeng FKBM, Polres Manokwari Galakan Gerakan Cinta Helm

Gandeng FKBM, Polres Manokwari Galakan Gerakan Cinta Helm

160
0
Gerakan Cinta Helm
Jumpa Perwakilan FKBM dengan Satlantas Polres Manokwari. Foto : RBM

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Satuan Lalu Lintas Polres Manokwari menggandeng Forum Komunikasi Bikers Manokwari (FKBM), dalam rangka menggalakan gerakan cinta helm. Dengan ajakan yang terstrutkur, sistematis dan masif diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di daerah.

Kasat Lantas, AKP James O. Tegai, S.I.K, mengatakan, penggunaan helm di jalan dapat menunjukan kualitas SDM di Manokwari sangat kurang. Ia mengatakan, kondisi tersebut dikarenakan hanya malas dan terlena sehingga mengabaikan keselamatan.

”Program kita adalah menggalakan program cinta helm, dimana tujuannya menggugah sehingga program ini akan diisi dengan sosialisasi, kalau bisa dikatakan secara istilah pemilu TSM,” kata Tegai saat jumpa perwakilan Bikers di ruang pertemuan Satlantas Polres Manokwari, Senin (8/7/2019) lalu.

Sosialisasi dan penggalakan cinta helm sendiri, lanjut Tegai, sasarannya adalah anak-anak sejak usia dini dan masyarakat Manokwari secara keseluruhan. Dengan sosialisasi yang gencar, penindakan yang dilakukan akan lebih beralasan.

Sebagai organisasi masyarakat yang terstruktur, FKBM, dilihat memiliki potensi yang baik dalam program tersebut, berbeda dengan Anak motor-motor (Amomo), Club motor sendiri memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang mengatur.

“Memang saya butuh teman-teman untuk membantu saya, ide kreatif dari teman-teman yang dapat diaplikasikan dalam kampanye, yang mungkin selama ini dianggap monoton. Tentunya, beberapa komunitas lain seperti ojek dan mahasiswa akan kami ajak juga seperti ini,” kata Tegai.

Ajakan Satlantas Polres Manokwari, ini mendapat sambutan positif Wakil Ketua FKBM, Tri Adi Santoso. Menurutnya, sejalan dengan keinginan komunitas motor di Manokwari, dimana safety riding yang selama ini menjadi semboyan komunitas mendapat dukungan penuh dari kepolisian.

Tri menambahkan, FKBM siap mendukung penuh program yang akan dilaksanakan oleh Polres Manokwari.

“Sudah menjadi aturan di dalam komunitas motor untuk safety riding, termasuk di dalamnya menggunakan helm dan kelengkapan motor lain. Diajaknya FKBM untuk terlibat dalam program strategis ini, tentu menjadi terobosan dan langkah positif yang dilakukan oleh Polres Manokwari,” kata dia. (MR3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here