Beranda Hukum & Kriminal LPP Manokwari Gelar Pentas Seni Sambut Perayaan Hari Jadi Kemerdekaan ke 75

LPP Manokwari Gelar Pentas Seni Sambut Perayaan Hari Jadi Kemerdekaan ke 75

126
0
Pergelaran pentas seni Warga Binaan Pemasyarakan (WBP) Perempuan Kelas III Manokwari dalam rangka perayaan Hari Jadi Kemerdekaan RI ke 75. Foto : TRI

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Gelorakan semangat kemerdekaan bangsa, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas 3 Manokwari gelar pentas seni bagi warga binaan pemasyarakan (WBP), Jumat (7/8/2020).

Berbagai karya ditunjukan, diantaranya fragmen kisah pahlawan merebut kemerdekaan, tarian perang asal Papua, dan tarian anging mamiri. Semua dilakukan oleh WBP LPP Manokwari di bawah pimpinan Kepala LPP, Anggelina Hukubun.

“Sesuai dengan komitmen lembaga pemasyarakatan, tidak boleh hanya memberikan ketrampilan hanya untuk mengisi waktu luang saja, namun harus bisa untuk benar-benar memberikan kontribusi bagi kehidupannya serta bangsa dan negara,” kata Anggelina.

Pertunjukkan seni dan budaya ini mendapat apresiasi khusus dari Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat, Anthonius Ayorbaba, dengan kondisi yang terbatas para warga binaan dapat mengekspresikan kreasi yang luar biasa dalam menggelorakan semangat kemerdekaan.

“Apa yang dilakukan inilah sesuatu yang luar biasa dengan menggelorakan kemerdekaan di bulan Agustus. Meskipun berada di tempat yang terbatas namun kreativitas yang tidak dibatasi inilah hasilnya,” ujar Ayorbaba.

Melihat potensi yang baik ini, Anthonius Ayorbaba, berencana akan menginstruksikan Kanwil Hukum dan HAM Papua Barat agar menyiapkan slot khusus aplikasi zoom meeting pada pergelaran pertunjukkan hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

“Di masa seperti ini (Covid-19) kemungkinan kita tidak bisa menyelenggarakan acara dengan mengundang banyak orang, sehingga kita buat pertunjukkan secara daring kepada seluruh masyarakat apa yang kita lakukan juga ikut memeriahkan kemerdekaan bangsa,” lanjut dia.

Sebanyak 20 warga binaan yang terdiri atas 14 tahanan dan 6 orang titipan, juga mengaku senang dapat berpartisipasi memeriahkan hari kemerdekaan meskipun terkurung di dalam lembaga pemasyarakatan.

Seperti pengakuan salah seorang warga binaan, Nova, mengaku senang dengan pertunjukkan ini, dimana ia dan teman-teman warga binaan lain dapat mengekspresikan kemampuan seni dari dalam Lapas.

Lihat juga  LP3BH Manokwari Fokus Pemajuan Sipol dan Ekosob

“Ini adalah pelajaran yang berharga bagi saya dan teman-teman. Kita tetap bisa merasakan nuansa kemerdekaan meski di dalam lembaga. Apa yang diajarkan di dalam sini bisa menjadi bekal kita untuk hidup yang lebih baik ke depan,” ungkapnya.

Hadir menyaksikan pertunjukkan tersebut Kepala Devisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham Papua Barat, Asep Sunandar, Kepala Lapas kelas II B Manokwari, dan sejumlah petugas di LPP kelas III Manokwari. (TRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.