oleh

“Sigovi” Terobosan Polres Manokwari Dekatkan Layanan

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Manokwari miliki terobosan dalam memberikan layanan khususnya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), terutama bagi masyarakat yang berada di daerah perdesaan. Dengan Sim Goes to Vilage (Sigovi) diharapkan, masyarakat di desa memiliki SIM sebagai salah satu syarat mengemudi di jalan raya.

Program Sigovi ini melayani pembuatan sim secara online, dilaunching di lapangan Kampung Bowi Subur, Distrik Masni, Sabtu ( 16/11/2019). Hadir dalam kesmepatan ini, Kepala bagian perencanaan (Bagren) Polres Manokwari, Kompol Andarias Lipan, Kasatlantas, AKP. Jems Tegai serta dihadiri juga ratusan warga dan komunitas Bikers di Manokwari.

“Layanan ini adalah terobosan yang baik, tapi di sini juga pembelajaran bagi kami warga masyarakat Masni. Selama ini, kami berpikir SIM bukanlah barang yang penting apalagi hidup di daerah perkampungan,” tutur Slamet yang merupakan salah seorang sesepuh warga Bowi Subur.

Slamet mengatakan, kesadaran masyarakat dalam pembuatan sim memang masih dirasa kurang, hal ini disebabkan jauhnya lokasi pembuatan sim serta kurang adanya sosialisasi terkait pentingnya memiliki surat mengemudi.

Satlantas polres Manokwari masih membawahi 3½ kabupaten, dimana merupakan cakupan yang sangat luas. Sigovi sendiri dimaksudkan agar dapat mendekatkan layanan terutama pembuatan SIM yang wajib dimiliki pengendara.

“Bayangkan saja kalau masyarakat Anggi akan membuat sim, biaya sim C baru hanya Rp100 ribu dan perpanjangan Rp80.000, sementara transportasi pulang pergi yang harus ditanggung untuk satu orang hampir satu juta rupiah,” kata Tegai.

Menurut Tegai, pelayanan Sigovi sendiri selain praktek langsung di lokasi kampung tujuan, juga pelaksanaan ujian online tetap dilaksanakan di Mapolres Manokwari dengan difasilitasi oleh Kapolsek setempat, selanjutnya bagi peserta yang lulus ujian tertulis maupun praktek Sim-nya akan dikirim ke rumah masing-masing.

Lihat juga  Edi Budoyo Sambangi Tim Sukses ‘Keluarga’ di Dua Distrik

“Ujian tetap harus dilaksanakan di polres Manokwari akibat fasilitas yang terbatas, maka disini kita akan berikan coaching clinic terkait dengan ujian soal yang akan dihadapi oleh peserta ujian Sim,” jelasnya.

Pelayanan Sigovi dijadwalkan akan dilakukan setiap akhir pekan, dan dalam waktu beberapa pekan akan menetap di satu wilayah. Untuk saat ini masih dipusatkan di distrik Masni, sebagai lokasi lounching Sigovi.

Sepeti diketahui, Seluruh polres di pacu oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara untuk memberikan inovasi layanan, di polres Manokwari Sendiri Sigovi merupakan produk unggulan. (MR3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed