Beranda Hukum & Kriminal Waspada! Penipuan Mengatasnamakan Aleg DPR Papua Barat dan Kapolda Tornagogo Sihombing

Waspada! Penipuan Mengatasnamakan Aleg DPR Papua Barat dan Kapolda Tornagogo Sihombing

97
0
ilustrasi cyber crime. Foto : jagatreview.com

MANOKWARI, PAPUAKITA.comSeiring dengan perkembangan dunia digital dan kecanggihan teknologi tak hanya membawa manfaat sisi positif, akis kejahatan di dunia maya (cyber crime) kian digencarkan para pihak yang tak bertanggung jawab.

“Sudah terjadi sekira sepekan lalu. Saya punya akun facebook dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, saya ingatkan  untuk tidak mudah percaya kalau ada yang mengatasnamakan pribadi saya dan meminta sesuatu atau bantuan tertentu,” kata Anggota DPR Papua Barat, Jerkius Saiba saat menghubungi papuakita.com, Selasa (20/10/2020).

Secreen capture akun facebook palsu atas nama Jerkius Saiba. Foto : Istimewa

Menurut Jerkius, informasi terkait akun facebook palsu yang mengatasnamakan dirinya, pertama kali disampaikan oleh pihak keluarga. Dirinya mengimbau, agar permintaan pertemanan atau apapun itu yang disampaikan oleh akun palsu ada baiknya tidak digubris atau menanggapinya.

“Keluarga telpon saya, keluarga tidak percaya. Adik-adik saya juga sudah bagikan percakapan dengan akun palsu tersebut melalui facebook mereka. Itu bukan Jerkius. Itu orang yang mencari kesempatan untuk mendapatkan sesuatu dari masyarakat. Saya pasikan nama akun facebook Jerkius Saiba adalah bukan saya,” ujarnya.

Mengatasnamakan Kapolda

Penipuan serupa juga dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi, Senin (19/10/2020), dimana beredar akun facebook (FB) dan akun instagram (IG) palsu yang mengatasnamakan Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Adam Erwindi meminta, masyarakat untuk tidak percaya terhadap akun-akun tersebut  yang mengatas namakan “Tornagogo Sihombing” (Kapolda Papua Barat), itu meminta uang atau melakukan tindakan-tindakan negatif lainnya.

Screen capture akun facebook palsu atas nama Kapolda Tornagogo Sihombing. Foto : Dok. Bid. Humas Polda PB

“Kami sudah konfirmasi langsung kepada kapolda, dan kapolda menegaskan bahwa beliau tidak memiliki akun facebook dan Instagram seperti yang saat ini sedang beredar menggunakan nama dan foto-foto beliau,” tegas Adam Erwindi.

Lihat juga  Ditreskrimsus Polda Papua Barat Bongkar PETI di Wilayah Pegunungan Arfak

“Beliau memesan agar masyarakat tidak tertipu oleh ulah  oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuat dan mengelolah akun tersebut untuk  melakukan penipuan terhadap masyarakat,” sambungnya.

Adam Erwindi melanjutkan, Kapolda Tornagogo Sihombing berpesan sekaligus mengimbau kepada seluruh masyarakat apabila akun tersebut melakukan aksi yang tidak  bertanggung jawab  agar masyarakat segera melapokan hal tersebut (melakukan pengaduan kepada pihak polisi).

“Kita juga sudah cek,  bahkan kita sudah koordinasi dengan Tim Cyber Polda Papua Barat untuk segera melacak dan mencari tahu siapa  pengelola akun tersebut,” tutupnya. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.