by

Keluarga Lamaholot turut berpartisipasi sukseskan KBMAP di Kaimana

KAIMANA, PAPUAKITA.com—Ikatan Keluarga Besar Lamaholot (IKBL) Kabupaten Kaimana, turut berpartisipasi aktif dalam mendukung penyelenggaraan Kongres Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) IV. KBMDP terjadwal berlangsung di Kaimana pada tanggal 25-30 Oktober mendatang.

Wujud nyata kontribusi IKBL adalah turun ke lapangan untuk melakukan kegiatan kerja bakti di Stadion Triton pada Ahad (17/10/2021). Kegiatan yang berlangsung sekira pukul 15:00 WIT, ini langsung menyasar beberapa titik di sekitar lokasi stadion yang masih dipenuhi dengan sampah.

“Kegiatan kerja bakti yang kami lakukan adalah sebagai bentuk dukungan kami terhadap kegiatan besar yang sebentar lagi sudah dilaksanakan. Sesungguhnya IKBL ini adalah bagian dari suku (pendatang) yang ada di kabupaten Kaimana,” ujar Ketua IKBL Yosaphat Lamawuran.

Kata Yosaphat, IKBL punya tanggung jawab untuk mendukung penyelenggaraan KBMAP. Ia memastikan, partisipasi warga IKBL tidak hanya sebatas kerja bakti. Juga akan mengambil bagian dalam kegiatan parade budaya dan pameran.

“Beberapa waktu lalu kami sudah mendaftar ketika panitia membuka ruang untuk berparrtisipasi dalam kegiatan parade budaya dan juga pameran. Sehingga kami juga akan berpartisipasi dalam parade budaya dan juga pameran,” ujarnya lagi.

Yosaphat menegaskan, IKBL sebagai bagian dari masyarakat kabupaten Kaimana tidak boleh tinggal diam. Untuk itu, sebisa mungkin melibatkan diri ketika diminta oleh panitia pada event maupun momentum apa saja.

“Artinya, kami menyadari sungguh bahwa kami menjadi bagian dari masyarakat kabupaten Kaimana. Melalui peran dan tugas masing-masing, warga IKBL harus berpartisipasi dalam setiap proses pembangunan di kabupaten Kaimana. tinggal di tanah Kaimana dan wajib memberikan kontribusinya,” tuturnya.

Lamawuran menambahkan, bentuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, warga IKBL semakin sadar bahwa mereka juga bagian dari kabupaten Kaimana sehingga wajib menunjukan peran aktif mendukung segalam bentuk pembangunan di Bumi Simora ini. (PK-04)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *