Beranda Kaimana Kuota Bintara Reguler 1.000, Pelamar Bintara Noken Membludak di Kaimana

Kuota Bintara Reguler 1.000, Pelamar Bintara Noken Membludak di Kaimana

133
0
Kapolres Kaimana, AKBP Iwan P. Manurun, S.I.K. Foto : PKT-02

KAIMANA, PAPUAKITA.comPenerimaan Bintara Polisi Republik Indonesia (Polri), untuk jalur reguler Tahun Anggaran 2021, segara. Penerimaan Bintara Polri, ini khusus Polki dan Polwan, kuotanya direncanakan sebanyak 1.000 orang se-Indonesia.

“Lagi persiapan sekarang itu penerimaan bintara jalur reguler. Juli baru rencana  pendidikan. April nanti rencananya sudah dibuka penerimaan dan pendaftaran,” kata Kapolres Kaimana, AKBP Iwan P. Manurun, S.I.K, Jumat (19/3/2021).

Ditanya soal penerimaan Bintara Noken atau jalur Otonomi khusus (Otsus), kata Kapolres Iwan Manurung, belum ada petunjuk lebih lanjut Polda Papua Barat terkait tahapan-tahapan selanjutnya.

“Juknis dari polda soal tahapan-tahapannya belum ada. Jalur ini kuotanya sebanyak 1.500 orang, ini yang akan dibiayai dari anggaran Otsus Pemprov Papua Barat. Jadi sampai sekarang belum ada,” ujar kapolres.

Kuota Bintara Noken, lanjut Kapolres Iwan Manurung, untuk Polres Kaimana masih tetap, yakni 250 orang. Meski demikian, ia mengakui animo masyarakat sangat tinggi. Hingga kini, sudah tercatat sebanyak 487 orang terkonfirmasi dalam proses tersebut.

Kapolres Iwan Manurung menambahkan, khusus untuk penerimaan Bintara Noken, ini tetap mempriortaskan orang asli Papua. Ini sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah provinsi dan Polri.

“Jelas, kita prioritaskan dulu yang orang asli Papua. Artinya bapak dan mama (asli) Papua, yang kedua, bapak atau mama asli Papua, dan yang terakhir adalah lahir dan besar di Papua. Itu dibuktikan dengan akte kelahiran, ijazah SD, SMP, SMA semua di Papua,” tutup Kapolres Iwan Manurung. (PKT-02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.