by

Layanan Daring Kelurahan Krooy, Manfaatkan Medos untuk Putuskan Penularan Covid-19

KAIMANA, PAPUAKITA.comMedia sosial (Medsos) bisa digunakan bukan sekadar untuk hiburan atau berjualan saja. Di era digital saat ini, media sosial bisa menjadi wahana dalam mendekatakan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Terlebih di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Langkah inilah yang coba diterapkan lakukan Kelurahan Krooy, Kabupaten Kaimana, dalam memberikan layanan administrasi kepada masyarakat di daerah itu. Medsos (Facebook), menjadi alternatif pihak kelurahan untuk memudahkan layanan dalam jaringan (daring) atau layanan secara online.

Tangkapan layar Facebook Kelurahan Krooy, Kabupaten Kaimana. Dok. papuakita.com

“Layanan melalui medsos ini sudah dibuka sejak Rabu kemarin. Kami menempuh langkah ini untuk mencegah dan memutus penularan Covid-19, menghindari kerumunan. Pelayanan ini juga mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat di era digital yang serba modern dan cepat ini,” ujar Lurah Krooy, Farid Lamuasa.

Dengan menerapkan sistem layanan daring, kantor lurah Krooy melayani pembuatan perizinan, pembuatan KTP, serta hal lain yang membutuhkan rekomendasi atau keterangan dari pihak kelurahan.  Untuk dapat mengakses layanan tersebut, warga cukup mencari akun sosial media (Facebook) bernama “Kelurahan Krooy”.

Setelah mendapatkan akun media sosial tersebut, warga dapat mengkonfirmasikan dan melakukan komunikasi secara langsung dengan admin atau staf kelurahan. Untuk dapat dilayani, langkah awal adalah melampirkan atau menunjukkan KTP melalui messenger di facebook.

“Kalau mau mengurus administrasi baik itu untuk pembuatan perizinan, sebagai data awal cukup mengirimkan data KTP lewat messenger. Kemudian menginformasikan dokumen apa yang mau diurus. Staf akan menginformasikan apa yang harus disiapkan,” jelasnya.

Farid menambahkan, terobosan dalam pelayanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat. Juga menjadi perhatian bahwa, medsos bisa digunakan untuk hal-hal yang positif terutama pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. (PKT-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *