2 Perawat RSU Provinsi dan Satu Pejabat Eselon Pemprov Papua Barat Positif Covid-19

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Penyakit Covid-19 menjangkiti 2 perawat yang bertugas di Rumah Sakit Umum (RSU) Provinsi Papua Barat, serta satu pejabat eselon II Pemprov juga positif Covid-19. Kasus ini terbukti dari hasil pemeriksaan swab.

Kasus positif Covid-19 pejabat eselon ini dinyatakan langsung oleh Gubernur Dominggus Mandacan saat mengikuti doa bersama di kantor gubenur provinsi Papua Barat, Kamis (2/7/2020).

Diketahui, saat ini pejabat yang bersangkutan tengah menjalani isolasi di rumah sakit umum provinsi. Gubernur mengatakan, sebanyak 58 pejabat eselon II terdiri atas asisten, staf ahli, kepala dinas dan kepala badan di lingkup provinsi Papua Barat, masih terdapat 13 pejabat yang belum melakukan pemeriksaan swab.

Gubernur berharap para pejabat yang bersangkutan segera melakukan tes swab sesuai dengan instruksi yang sudah ada.

Juru Bicara Gustu Covid-19 Provinsi Papua Barat, dr Arnold Tiniap. Foto : ARI

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas penanganan Covid-19, dr. Arnlod menjelaskan, 2 perawat positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan.

“Jadi dua-duanya perawat, sudah kita ambil swab pertama hasilnya negatif. Jadi resikonya dimana-mana kita bisa terpapar. Mau petugas kesehatan atau masyarakat dan siapapun bisa terpapar. Jadi ada di rawat di rumah sakit tapi ada juga yang isolasi mandiri di rumah,” jelas Tiniap.

Kedua perawat dimaksud, saat ini sedang menjalani perawatan intensif. Kata Arnold Tiniap, kondisi keduanya tidak ada keluhan. Selain itu, dua perawat dimaksud telah menjalani tes swab tahap pertama dan hasilnya dinyatakan negatif.

Kendati demikian masih harus menunggu tes swab kedua sebelum dinyatakan benar-benar bebas Covid-19.

Berdasarkan data per 1 Juli, diketahui jumlah OTG di seluruh provinsi Papua Barat saat ini sebanyak 3.045, namun dari jumlah tersebut yang masih dalam pengawasan mencapai 1.096 OTG sisanya telah selesai pengawasan. Selanjutnya, ODP berjumlah 1.267, yang masih dalam pemantauan 208.

Lihat juga  Pemprov Libatkan KJPP Selesaikan Ganti Rugi Lahan Rumah Sakit Kodam dan Batalyon di Warmare

Jumlah PDP saat ini adalah 111, 26 orang masih dirawat sementara sisanya telah dinyatakan sembuh. Untuk jumlah spesimen swab yang telah diperiiksa di seluruh wilayah Papua Barat sebanyak 2.538 dengan rincian 2.296 swab hasil pemeriksaan di nyatakan negatif. Sedangkan sisanya 242 dinyatakan positif Covid-19. (ARI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *