oleh

Apresiasi BPJS Kesehatan, Pemprov Papua Barat terima penghargaan UHC

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Badan Penjamin Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengapresiasi atas komitmen Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam memberikan jaminan kesehatan masyarakat melalui program Jaminan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Wujud apresiasi itu ditandai dengan penyerahan Piagam Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang diserahkan oleh Direktur Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun, diterima Gubernur Dominggus Mandacan di sela Rapat Kerja Daerah Bupati/Wali Kota se Papua Barat di Manokwari, Kamis (4/11/2021).

Pemberian penghargaan ini terkait penetapan provinsi Papua Barat yang telah mencapai UHC Program JKN-KIS atas tercapainya kepesertaan JKN-KIS sebanyak 1.222.650 jiwa atau 98% dari total penduduk 1.148.538 jiwa.

“Berbicara tentang UHC tentu tidak hanya menargetkan cakupan kepesertaan seluruh penduduk Indonesia. UHC juga memastikan setiap orang memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif maupun pelayanan promotif dan preventif yang efektif,” kata David Bangun.

BPJS Kesehatan mencatat, provinsi Papua Barat sampai saat ini menjadi provinsi ke-3 di Indonesia yang telah mencapai Universal Health Coverage sejak tahun 2018, hal itu mampu dicapai walau di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

“Kami berharap prestasi dan capaian provinsi Papua Barat ini dapat menjadi contoh bagi provinsi lainnya,” ucapnya.

Capaian tersebut, kata David Bangun, dapat mendorong pemerintah provinsi Papua Barat untuk mempertahankan capaian yang telah diraih, menstimulasi cakupan kepesertaan bagi seluruh penduduk dan pemerintah provinsi Papua Barat, pemerintah kabupaten dan BPJS Kesehatan dapat berkomitmen dan bersinergi dalam menjamin kesehatan masyarakat Papua Barat.

Dengan dimikian, perlindungan kesehatan masyarakat melalui Program JKN-KIS akan semakin luas dirasakan oleh rakyat Indonesia.

Gubernur Dominggus Mandacan menyampaikan, penghargaan UHC ini merupakan kebanggaan bersama masyarakat di Papua Barat. Dirinya mengatakan, pemerintah provinsi akan selalu berkomitmen agar masyarakatnya didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS.

“Kepesertaannya dapat langsung aktif karena predikat UHC sistem non cut off ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dengan kepesertaan penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah dapat langsung aktif tanpa menunggu bulan berikutnya,” kata gubernur.

Penyerahaan piagam penghargaan UHC dirangkai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama Universal Health Coverage (UHC) antara BPJS Kesehatan Cabang Manokwari dengan Pemerintah Kabupaten Fakfak dan penyerahan bantuan program Organizational Social Responsibility (OSR) dari BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat yang diperuntukkan untuk korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu di kabupaten Manokwari. (*/PK-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed