by

Arnol Tiniap Optimis Bisa Penuhi Standar Pelayanan Minimal RSU Provinsi Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Pemerintah Provinsi Papua Barat resmi mengoperasikan penggunaan Rumah Sakit Umum (RSU), ini dilakukan dalam masa pandemi Covid-19 sebagai bagian dari upaya penanganan pasien positif Covid-19.

Kendati demikian, pengoperasian rumah sakit ini lebih cepat dari jadwal yang ada, yakni tahun depan bersamaan dengan pengresmiannya.

”Sebenarnya rumah sakit ini disiapkan beroperasi tahun depan. Tahun ini kita baru tahap melengkapi. Dari sisi bangunan baru mencapai 50 persen

Ini dari rencana rumah sakit yang kita bangun adalah Tipe B. Tapi dengan kondisi yang ada sudah bisa memenuhi rumah sakit Tipe C,” jelas Direktur RSU Provinsi, dr. Arnold Tiniap,” Kamis (2/7/2020).

Diketahui, SDM pendukung saat ini terdiri atas tenaga fungsional berjumlah 72 orang. Selain itu, baru ada dokter spesial 2 orang, yakni dokter spesialis kebidanan dan spesial anak.

“Untuk rumah sakit Tipe C sudah memenuhi syarat, karena rumah sakit seperti itu minimal 100 tempat tidur. Sudah ada 110 tempat tidur dan semua sudah terpasang,” ujarnya.

“Kita juga masih butuh minimal 2 dokter spesialis lagi, yaitu dokter spesialis kebidanan dan spesialis bedah. Agustus mendatang dokter spesialis kebidanan itu sudah ada. Dua dokter kita status PNS ditambah dengan kontrak 8 orang. Jadi ada 10 dokter umum di rumah sakit,” sambung Tiniap.

Menurut Tiniap, kebutuhan yang bersifat urgen saat ini adalah peralatan standar dasar minimal rumah sakit Tipe C. Paling tidak sudah bisa memberikan pelayanan umum dan UGD.

“Ini kebutuhan paling penting kalau mau mengoperasikan rumah sakit di luar dari penanganan Covid-19,” ucapnya.

Masih ada sisa waktu 6 bulan. Dengan sisa waktu tersebut, dirinya optimis bisa penuhi kewajiab tersebut, bahkan bisa kurang dari 6 bulan target ini sudah bisa dituntaskan.

Lihat juga  Gustu Covid-19 Tak Umumkan Hasil Swab 375 Personel BKO Kodam Kasuari

“Dalam 6 bulan ke depan pandemi ini sudah meredah kita sudah bisa buka pelayanan yang lain sambil menunggu pengoperasian rumah sakit ini tahun depan,” pungkasnya. (ARI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *