BPJS keliling layanan mudah tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya  adalah layanan BPJS Keliling.

Didukung armada roda empat dan dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional layanan peserta, BPJS terus meningkatkan konsep layanan “jemput bola” ini.

Salah seorang peserta Program Jaminan  Kesehatan Nasional (JKN), Paulina Rambu Kareri Laki, Kamis (25/1/2024) berbagi pengalamannya saat mengakses layanan BPJS Keliling, untuk melakukan perubahan FKTP.

Konsep “jemput bola” ini bertujuan untuk mempermudah akses peserta dalam mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan dan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Saya sering kesulitan untuk mengurus administrasi BPJS Kesehatan karena rumah saya jauh dari kantor dan juga kesibukan saya yang cukup padat sehingga belum sempat melakukan pengurusan ke kantor BPJS Kesehatan,” tuturnya

Saat mengakses layanan BPJS Keliling, Paulina kebetulan sedang berkunjung ke Puskesmas Wosi.

“Saya melihat ada layanan BPJS Keliling jadi saya coba untuk akses dan ternyata tidak menunggu lama, kebutuhan saya untuk mengubah FKTP langsung dilayani oleh petugas,” ujarnya.

BPJS Keliling memberikan kemudahan bagi peserta yang mungkin sulit mengakses layanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan. Dengan BPJS Keliling peserta JKN dapat memperoleh layanan tanpa harus datang ke kantor.

Hal ini menjadi solusi efektif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ikut serta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Jenis layanan administrasi BPJS Keliling terdiri atas pendaftaran baru, penambahan dan pengurangan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan yang nonaktif, perubahan atau perbaikan data, ubah fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) hingga pemberian informasi serta penanganan pengaduan langsung terkait Program JKN.

Menurut Paulina, layanan BPJS tersebut sangat mudah dan cepat. Tidak perlu mengantre di kantor BPJS Kesehatan untuk pengurusan administrasi, karena melalui BPJS Keliling layanan mudah dijangkau dimana saja.

Lihat juga  Arnol Tiniap Optimis Bisa Penuhi Standar Pelayanan Minimal RSU Provinsi Papua Barat

“Saya sangat apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang menghadirkan layanan ini, karena bisa diakses dimana saja, petugasnya tidak hanya melayani kebutuhan perubahan FKTP saya tetapi  juga memberikan informasi terkini terkait Program JKN,” imbuhnya

Paulina menambahkan, konsep layanan BPJS ini sangat baik karena dapat meningkatkan pemahaman saya sebagai peserta mengenai manfaat dan prosedur yang terkait dengan jaminan kesehatan. 

Seiring dengan peluncuran layanan BPJS Keliling, BPJS Kesehatan juga berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan keterjangkauan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Pihak BPJS mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan BPJS Keliling guna memastikan bahwa setiap peserta mendapatkan akses yang mudah dan cepat terhadap jaminan kesehatan yang mereka butuhkan. (*/PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *