BPJS Kesehatan edukasi kemudahan registrasi sebagai peserta program JKN

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Belum semua kalangan masyarakat memiliki akses informasi mengetani jaminan kesehtan, sehingga kurangnya pemahaman dan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menyikapi kondisi tersebut, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan kemudahanan pelayanan kepada peserta program JKN dengan menggelar kegiatan Goes To Customer kepada salah satu komunitas yang ada di Kabupaten Manokwari, yakni Pemuda Pemudi Katolik Gereja Immanuel Sanggeng.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari dr. Dwi Sulistyono Yudo melalui keterangan tertulisnya mengatakan, kegiatan goes to customer tersebut berlangsng, Selasa (19/12/2023. Ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran peserta terhadap pentingnya program JKN dan memberikan informasi terbaru dari program JKN.

”Pada kegiatan ini kami memberikan beberapa edukasi kepada pemuda pemudi dan memastikan dapat memahami tentang manfaat dari program JKN. Kegiatan BPJS Kesehatan Goes To Customer dapat menjawab kebutuhan peserta minimal mengetahui bagaimana cara melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN, prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan serta hak dan kewajiban sebagai peserta JKN,” jelasnya.

Kegiatan BPJS Kesehatan Goes To Customer merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan dari program JKN sejak dini atau sebelum sakit.

Aplikasi Mobile JKN

BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Aplikasi Mobile JKN pada kegiatan tersebut, memaksimalkan penggunaan aplikasi ini saat membantu di era digital seperti saat ini. Pada Aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai fitur yang bermanfaat bagi peserta JKN untuk layanan administrasi seperti di kantor cabang ataupun di fasilitas kesehatan.

”Peserta atau calon peserta program JKN dapat menggunakan aplikasi yang memiliki banyak fitur ini.. Bagi peserta JKN yang sudah terdaftar dapat mendaftarkan anggota keluarganya melalui fitur penambahan peserta dan bagi yang belum mendaftar dapat melalui fitur daftar pada tampilan pertama Aplikasi Mobile JKN,” ungkap Dwi.

Lihat juga  Kemudahan akses pelayanan BPJS Kesehatan semakin dirasakan oleh Masyarakat Manokwari

Dwi berharap, komunitas pemuda-pemudi Katolik dapat memanfaatkan kemudahan pada fitur-fitur yang tersedia. Selain itu, BPJS Kesehatan memiliki beberapa kanal layanan administrasi non tatap muka yang dapat terakses oleh peserta seperti Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) terintegrasi dengan satu nomor 08118165165, Chat Assistant JKN (CHIKA) melalui nomor 08118750400 maupun melalui website BPJS Kesehatan.

Dwi menambahkan, peserta juga diperkenalkan fitur skrining riwayat kesehatan yang dapat digunakan untuk mengetahui empat potensi risiko penyakit kronis sejak dini yakni diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner. (*/PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *