Beranda Kesehatan BPOM Pastikan Takjil di Papua Barat Aman Dikonsumsi

BPOM Pastikan Takjil di Papua Barat Aman Dikonsumsi

225
0
BPOM di Manokwari
Ilustrasi takjil puasa. Foto : Istimewa

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Manokwari memastikan takjil yang dijajakan penjual di Manokwari dan sekitarnya aman dari bahan berbahaya sehingga aman dikonsumsi.

“Dari beberapa sampel yang kami uji di Manokwari dan daerah lain di provinsi Papua Barat, kami tidak menemukan makanan yang mengandung zat berbahaya. Tidak ada yang mengandung formalin, boraks, rodamin B, dan metanil yellow,” kata Kepala BPOM di Manokwari, Mojaza Sirait, Senin (27/5/2019).

Mojaza Sirait menjelaskan, bahan-bahan tersebut di atas sebagai bahan berhaya apabila dikonsumsi oleh manusia. Meskipun demikian, BPOM Manokwari masih mendapati cara penyajian yang kurang higenis, seperti penggunaan sterofoam dan juga kantong plastik berwarna hitam.

“Masih perlu perbaikan dalam hal penyajian dari pelaku usaha yang kurang higenis, sebagian masih menggunakan bahan kemasan pangan yang kurang tepat untuk mengemas makanan yang dijual,” jelasnya.

Mojaza menambahkan, kantong pelastik hitam tidak dianjurkan untuk digunakan membungkus makanan, kecuali untuk kemasan sekunder diperbolehkan. (MR3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.