Cukup dengan KTP, Nur bisa mendafar sebagai peserta BPJS Kesehatan

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Salah seorang warga Kabupaten Manokwari, Nur (25) mengungkapkan, kemudahan yang ia rasakan ketika mengakses layanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Manokwari.

Menurutnya, saat mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, ia tidak dimintai fotokopi berkas persyaratan sebagai syarat administrasi. Cukup dengan KTP saja, Nur sudah bisa akses layanan BPJS Kesehatan.

“Saya awalnya datang ke kantor mau menanyakan berkas persyaratan untuk melakukan pendaftaran peserta mandiri, namun security menyampaikan dengan menggunakan KTP saya bisa dilayani,” ungkap Nur dalam keterangan resminya dikutip, Kamis (11/1/2024)

Nur mengapresiasi kemudahan layanan yang diberikan kantor BPJS Keehatan. Ia mengucapkan terima kasih atas perbaikan terhadap layanan, sehingga kedepannya peserta BPJS Kesehatan tidak perlu khawatir dengan pelayanan yang harus menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan, karena saat ini telah dimudahkan dengan menggunakan KTP saja.

Diketahui, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan perbaikan terhadap mutu layanan bersama dengan fasilitas kesehatan.

Hal yang melatarbelakangi perbaikan terhadap mutu layanan tersebut adalah karena masih adanya diskriminasi, antrean lama, respon terhadap pengaduan belum tuntas, adanya kekosongan obat, masih terdapat iur biaya, dan juga belum meratanya pemahaman peserta tentang program JKN.

Untuk mewujudkan peningkatan mutu layanan ini maka indikator dan presepsi mutu harus sesuai dengan harapan peserta, merespon keluhan baik dari internal maupun eksternal, serta bersama dengan pemerintah daerah dan faskes untuk Bersama mewujudkan peningkatan mutu layanan.

Salah satu transformasi mutu layanan yang dilakukan BPJS Kesehatan pada lingkup internal BPJS Kesehatan yaitu Simplifikasi layanan di kantor cabang yang mana tidak meminta fotocopy berkas kepada peserta yang akan mengakses layanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan.

Adanya Simplifikasi layanan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada peserta.  Simplifikasi layanan tersebut telah diterapkan di Kantor Cabang Manokwari. (*/PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *