Beranda Kesehatan Hermus Indou : MKJP Wujudkan Keluarga Berkualitas dan Pertumbuhan Seimbang

Hermus Indou : MKJP Wujudkan Keluarga Berkualitas dan Pertumbuhan Seimbang

88
0
Warga Kelurahan Sowi saat mengikuti sosialisasi dan edukasi tentang Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Foto : ARF

MANOKWARI, PAPUAKITA.comBupati Manokwari Hermus Indou mengajak masyarakat mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan seimbang melalui fasilitas keluarga berencana dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Hal itu diutarakan Hermus Indou ketika membuka acara uji coba Keluarga Berencana (KB) MKJP yang bertempat di PKM Sowi, Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Selasa (2/3/2021). Ia mengatakan, MKJP membantu masyarakat merencanakan keluarga menjadi keluarga berkualitas.

(Kiri-kanan) Kepala Perwakilan BKKBN Papua Barat, Philmona M Yarollo, Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono, Bupati Manokwari Hermus Indou, dan Kepala Dinas P3A dan KB, Rumere Maria Magdalena pada pembukaan acara uji coba KB MKJP yang dipusatkan di PKM Sowi, Kelurahan Sowi. Foto : ARF

“Keluarga berkualitas adalah keluarga yang sehat, maju, mandiri, berwawasan kedepan, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Hermus Indou.

Dikatakan, MKJP dapat membantu masyarakat mengatur jarak kehamilan atau menunda kehamilan. Dengan demikian, pasangan usai subur dapat merencanakan keluarganya secara baik dan terencana. Mampu merencanakan jumlah anak, pendidikan anak, mampu mengatur keuangan keluarga dengan baik serta menjaga keharmonisan keluarga.

“Jika pasangan subur mampu mewujudkan keluarganya menjadi keluarga kecil, bahagia dan sejahtera tentu akan tercipa generasi-generasi dengan sumber daya manusia berkualitas yang sangat berguna bagi pembangunan bangsa dan negara di masa mendatang terlebih khusus pembanguna kabupaten Manokwari,” ujar Hermus Indou.

Guna menunjang program kependudukan, pembangunan keluarga dan keluarga berencana, pemerintah pusat melalui BKKBN mulai di tahun 2021 mengalokasikan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) secara langsung ke kabupaten dan kota. Diketahui, BOKB yang diterima kabupaten Manokwari berksiar 2 miliar rupiah, dan dikelolah oleh Dinas P2A dan KAB. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.