Layanan PANDAWA BPJS Kesehatan tanpa batasan lokasi

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan layanan administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) yang merupakan Kanal Layanan tanpa Tatap Muka/tanpa kontak fisik antara frontliner dan peserta.

Layanan ini menggunakan media WhatsApp untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan, terintegrasi dengan nomor tunggal, yakni 08118165165.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, dr. Dwi Sulistyono Yudo dalam keteragan resminya, Kamis (18/1/2024) mengatakan, layanan PANDAWA merupakan langkah konkret dalam memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat, sejalan dengan semangat pelayanan kesehatan yang inklusif dan berbasis teknologi.

 “Kami mengakui bahwa masyarakat semakin mengandalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk urusan administrasi. Oleh karena itu, kami hadirkan layanan PANDAWA yang bisa di akses oleh Peserta JKN pada waktu pelayanan Senin-Jumat pada pukul 08.00-17.00 WIB dan untuk waktu akses peserta Senin-kamis (24 Jam) dan pada hari Jumat pukul 08.00-16.00 WIB,” beber Dwi.

Menurut Dwi, layanan tanpa tatap muka ini dirancang untuk membuat proses administrasi menjadi lebih sederhana dan cepat, serta memberikan kemudahan bagi peserta tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Dengan mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp, peserta dapat melakukan berbagai administrasi.

“Mulai dari pendaftaran baru, penambahan dan pengurangan anggota keluarga, pengaktifan kembali kartu, pindah jenis kepesertaan, perubahan /perbaikan data, ubah fasilitas kesehatan tingkat pertama, perubahan kelas rawat, dan perbarui nomor Virtual Account (VA) PBPU, semua layanan tersebut dapat diakses tanpa harus berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Dwi mengatakan, layanan PANDAWA ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ikut serta pada program JKN, karena kemudahan akses dan proses administrasi yang lebih cepat.

Dalam kesempatan yang sama, salah seoerang peserta JKN Indrawati Suyanto (30) berbagi pengalamannya. Peserta JKN yang terdaftar pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini, menyambut baik inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan.

Lihat juga  Mudah..! Peserta BPJS Kesehatan bisa akses layanan melalui whatsapp

Solusi kemudahan

Menurutnya, layanan PANDAWA memberikan solusi kemudahan untuknya yang mempunyai berbagai kesibukan.

“Sebagai peserta JKN, saya merasa senang dengan langkah BPJS Kesehatan ini. Sekarang, saya bisa menyelesaikan berbagai urusan administrasi kepesertaan dari mana saja tanpa perlu repot datang ke kantor. Sangat praktis dan menghemat waktu,” ujarnya.

Indra mengaku pelayanan administrasi melalui PANDAWA sangat mudah, terbukti ketika melakukan penambahan anggota keluarga ia langsung di respon dengan cepat dan dilayani sampai dengan selesai.

“Anak saya belum terdaftar, saya mencoba layanan di PANDAWA ternyata tidak serumit yang saya pikirkan. Karena tidak bertemu langsung, pelayanannya diproses di hari yang sama dan ditangani sampai dengan selesai, jadi pelayananya meskipun hanya lewat chat tapi sangat memuaskan,” tuturnya.

Indra menambahkan, akses layanan administrasi BPJS Kesehatan sekarang, semuanya jadi lebih mudah dan praktis.

“Kini hanya perlu mengirim pesan via WhatsApp, layanan bisa dirasakan seperti mengunjugi kantor BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (*/PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *