Beranda Kesehatan Menkes Dijadwalkan Kunjungi Teluk Bintuni

Menkes Dijadwalkan Kunjungi Teluk Bintuni

383
0
Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar saat memperkenalkan tim penanganan malaria Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari. Foto : RBM/PKT

MANOKWARI, Papuakita.com – Meneteri Kesehatan RI, Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K) dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Teluk Bintuni pada Selasa (28/8/2018). Dalam kunjungannya, Menskes F.Moeloek akan meninjau program kesehatan di Provinsi Papua Barat dan kabupaten Teluk Bintuni.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar mengatakan, menteri kesehatan akan mengunjungi dinas kesehatan, RSUD, dan rumah sakit ampung di daerah itu. Ia mengatakan, lawatan menteri ini, juga mengikutsertakan sejumlah awak media dari Jakarta.

“Menteri akan melihat inovasi pelayanan kesehatan EDAT, yang mendapatkan penghargaan dari United Public Service Awards (UNPSA). Juga akan meninjau pelayanan PONEK (Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif) di RSUD Teluk Bintuni,” kata Edi Sunandar usai sosialsiasi Hasil Analisa Vektor dan Pengendalian Malaria Kabupaten Manokwari, Kamis (23/8/2018).

Dinas Kesehatan Provinsi Papau Barat
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar. Foto : RBM/PKT

Dikatakan, RSUD Teluk Bintuni cukup berhasil dalam melaksanakan program PONEK, program ini berhasil menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir.

Kemudian, lanjut Edi Sunandar, menkes juga akan mengunjungi salah satu SD yang ada di kabupaten Teluk Bintuni, dalam rangka melihat pelaksanaan imunisasi massal campak-rubella atau measles rubella (MR). “Setelah itu, beliau (menkes) akan melihat rumah sakit apung,” ujarnya.

Menurut Edi Sunandar, rumah sakit apung merupakan salah satu program RSUD Teluk Bintuni, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ke kampung-kampung jauh yang ada di daerah pesisir.

“Jadi pelayanan rumah sakit apung untuk pelayananan spealistik, dokter-dokter spesialis untuk daerah-daerah jauh, ada di darat dan di laut. Di laut itu, sudah ada kapalnya. Menteri akan naik kapal sampai ke kampung lama,” jelasnya.

Edi Sunandar menambakan, Menkes F. Moeloek direncakan mengunjungi kabupaten Teluk Bintuni melalui jalur Manokwari.

“Tanggal 28 Agustus beliau tiba di Manokwari menggunakan Batik Air, kemudia menggunakan pesawat ke Teluk Bintuni. Setelah kunjungan, selanjut menteri akan menuju Sorong menggunakan Susi Air,” imbuhnya. (RBM/R1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here