Beranda Kesehatan Pembangunan Gedung PKM Amban Serap Dana Otsus 5,50 miliar Rupiah

Pembangunan Gedung PKM Amban Serap Dana Otsus 5,50 miliar Rupiah

236
0
Pembangunan Gedung PKM Amban
Bupati Demas Mandacan saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan PKM Amban, Selasa (9/10/2018). Foto: MKD/PKT

MANOKWARI, PapuaKita.com – Peningkatan layanan di bidang kesehatan yang merata di setiap wilayah kabupaten Manokwari, menjadi komitmen pemerintahan Bupati Demas Paulus Mandacan dan Wakil Bupati Edi Budoyo.

Komitmen itu diwujudkan melalui pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di Kelurahan Amban, Distrik Manokwari Barat. Pembangunan ini diikuti dengan peningkatan layanan kesehatan serta Sumber Daya Manusia di bidang kesehatan.

“Pembangunan puskesmas Amban menjadi lebih representatif harus diikuti dengan pelayanan yang lebih baik terutama membantu masyarakat yang butuh layanan kesehatan secara cepat,” kata Bupati Demas Mandacan saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan PKM Amban, Selasa (9/10/2018).

Kata Bupati Demas Mandacan, pembangunan PKM di Kelurahan Amban menyerap anggaran senilia Rp5,50 miliar lebih yang bersumber dari dana Otonomi khusus (Otsus).

“Uang bukanlah yang utama, namun nyawa manusia lebih berarti. Harus ditingkatkan pelayanan yang cepat. Layani terlebih dahulu masyarkat yang membutuhkan pelayanan medis secara cepat,” tutur bupati.

Menurut Bupati Demas Mandacan, lokasi PKM ini dinilai cukup strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat di sekitar kelurahan Amban.

“Hendaknya kita merasa bangga dengan dibangunnya puskesmas yang baru. Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan puskesmas adalah sarana di mana masyarakat dapat berobat,” ujar bupati.

Bupati Demas Mandacan menambahkan, pembangunan PKM Amban menjadi priortias untuk mendukung keikutsertaan dalam program akreditasi PKM.

Di mana, upaya tersebut telah dilakukan sejak 2017. Meski demikian, kapasitas ruangan kerja tidak bisa menampung 64 petugas dan 10 program pelayanan –membutuhkan 30 ruangan.

Adapun pembangunan PKM Amban ditangani oleh CV Vision Media Consultan dengan biaya Rp 179.300 juta. Dengan waktu kerja 29 Juni hingga 6 Juli 2018.

Sedangkan kontraktor pelaksana adalah CV Rajawali Muda. Jangka waktu pengerjaan 90 hari kalender (20 September- 18 Desember 2018). Dengan harga borongan Rp4,675 miliar lebih.

Konstruksi bangunan puskesmas ini terdiri atas 2 lantai. Pada lantai pertama terdapat 19 ruangan umum, 1 toilet disabilitas. Untuk lantai 2 terdapat 5 ruangan 3 toilet. Luas bangunan lantai 1, yakni 526 m2 dan lantai 2, yakni 187 m2. Banguna PKM Amban bediri diatas areal 1.875 m2.(MKD/R1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here