oleh

Ratusan Warga Maduraja Wosi Nikmati Layanan Rumah Sakit Bhayangkara Polda PB

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Pascabanjir yang merendam sejumlah daerah di Kabupaten Manokwari beberapa waktu lalu, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat berinisiatif menggelar pengobatan massal, di Kompleks Maduraja, Kelurahan Wosi, Sabtu (2/3/2019)

Kompleks Maduraja merupakan salah satu daerah ‘langganan’ banjir. Pengobatan ini dimulai pukul 9.00 WIT. Antusias warga didominasi kaum ibu dan anak-anak, serta kaum lelaki dilayani dengan berbagai keluhan. Meski demikian, warga tetap sabar dan untuk mengantri menunggu giliran sesuai dengan nomor urut yang telah dibagikan.

Salah seorang warga, Yahya (42) menuturkan, pengobatan seperti ini sangat bermanfaat bagi warga usai diterjang bandir.

”Setelah banjir, beberapa anak-anak terkena gatal-gatal dan batuk pilek. Pegobatan masal ini sangat membantu kami di sini (Maduraja,red),” kata Yahya sembari mengatakan pengobatan masal seperti ini diharapkan rutin digelar.

Dia berharap, informasi pengobatal massal bisa disampaikan lebih awal, agar warga bisa mendapat pelayanan kesehatan, bukan hanya hari ini saja tetapi digelar rutin.

Adapun Direktur Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat dr. Eko Yunianto M. Ke mengatakan, pengobatan massal ini sebagai bentuk kepedulian Biddokes Polda Papua Barat dan Rumah Sakit Bhayangkara kepada warga.

“Kita peduli terhadap kemanusiaan makanya pengobatan masal ini digelar karena setelah banjir tentu warga rentan terserang berbagai macam penyakit,” katanya.

Diketahui, warga yang mengakes pelayanan kesehatan ini berkisar 200 an lebih. Adapun layanan pengobatan yang diberikan, yakni layanan umum, konsultasi soal gigi, dan THT serta laboratorium sederhana seperti pemeriksaan asam urat, kolesterol dangula darah.

“Dalam kegiatan bhakti sosial ini menghadirkan 6 orang dokter, apoteker dan juga analis dan tenaga perawat lain ini khusus dari Polda Papua Barat,” tuturnya.

Lihat juga  Covid-19 Berbahaya, Vaksin dan 3M Pencegahannya

Eko berharap, bakti sosial semacam ini bisa menyentuh langsung dan dirasakan manfaat oleh masyarakat yang ada di Maduraja. Ia mengatakan, paling penting adalah bagaimana warga meningkatkan pemahaman tentang hidup sehat dan lingkungan bersih, apalagi daerah seperti ini rentan banjir.

Salah seorang pemuka masyarakat Maduraja, Saleh Sanusi menyampaikan, terima kasih kepada Biddokes dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat atas kepeduliannya.

“Minggu lalu disini terkena banjir dan beberapa orang terutama anak-anak terganggu kesehatan,” kata Saleh Sanusi. (ADL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed