Beranda Kesehatan Sebanyak 19.200 Vaksin Covid-19 Terdistribusi ke Papua Barat

Sebanyak 19.200 Vaksin Covid-19 Terdistribusi ke Papua Barat

151
0
Penyerahan vaksin Covid-19 dari petugas pengawal kepada Satgas Covid-19 Papua Barat. Foto : ARF

MANOKWARI, PAPUAKITA.comVaksin Covid-19, Sinovac (dalam satuan vial) yang sudah didistribusikan ke Papua Barat totalnya mencapai 19.200. Distribusi vaksin ini dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama didistribusikan pada 5 Januari lalu, sebanyak 7.160 vial. Untuk selanjutnya didistribusikan ke Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, dan Kota Sorong.  Tahap kedua, sebanyak 12.040 vial.

“Sudah dilaporkan oleh petugas Brimob Kelapa Dua yang mengawal vaksin ini dari Jakarta. Diterima lengkap dan dalam keadaan baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan di sela penjemputan vaksin Covid-19 tahap dua di Bandara Rendani, Sabtu (23/1/2021).

“(Vaksin) masih disegel, kita berharap suhunya masih ada pada protokol yang ditetapkan pemerintah. Jumlahnya 12.040. Atas nama pemerintah provinsi Papua Barat, Satgas Covid-19, menerima vaksin ini dan akan dipergunakan untuk tenaga kesehatan yang berada di provinsi Papua Barat,” sambung Otto.

Adapun 12.040 vaksin tersebut nantinya akan didistribusikan ke 10 kabupaten (Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Fakfak, Kaimana, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, dan Tambrauw, dan Pegunungan Arfak).

“Vaksinasi ini masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang ASN dan swasta. Tenaga kesehatan yang ada di TNI dan Polri. Jadi bukan hanya ASN saja tetapi semua tenaga Kesehatan. Jumlahnya berkisar 10 ribu an tenaga kesehatan,” ujar Otto.

Program vaksinasi corona atau corona vac di Papua Barat sudah dilakukan pada 14 Januari 2020 lalu, ditandai dengan 14 orang yang disuntik dengan vaksin Covid-19, Sinovac. Sesuai dengan jadwal, penyuntikan vaksin keduai dilakukan pada 28 Januari mendatang.

Dikawal ketat

Tiba di bandara dengan menggunakan maskapai penerbangan Batik Air sekira pukul 13.36 WIT. Selanjutnya vaksin belasan ribu vaksin Sinovac itu dikawal ketat oleh 1 SST Brimob Polda Papua Barat.

Lihat juga  BPJS Kesehatan Sediakan P-Care Vaksinasi, Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi

Pengawalan vaksin ini dipimpin oleh Kaden Gegana Satbrimob Polda Papua Barat, AKBP Glen Krey Mille serta personil Satgas Aman Nusa II Polda Papua Barat yang dipimpin oleh Ipda Citra selaku perwira penanggung jawab Ops Aman Nusa II 6.

Personel Brimob Polda Papua Barat saat mengawal penjemputan vaksin Covid-19 tahap 2. Foto : ARF

Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombespol Adam Erwindi melalui ketarangan tertulis menyampaikan, personel brimob mengawal vaksin menuju gudang instalasi farmasi provinsi Papua Barat di Arfai.

Hadir ikut menjemput kedatangan vaksin Covid-19 kepala dinas Kesehatan, Otto Parorongan, Dirpamovit, Kombespol Hady Winarno Kepala BPOM di Manokwari, Herianto Baan, Juru Bicara Satgas Covid-19, dr. Arnold Tiniap, serta staf instalasi farmasi. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.