Yuk..! Pakai aplikasi mobile JKN

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Manokwari terus memperluas cakupan pesertanya, salah satunya dengan layanan BPJS Keliling.

BPJS Keliling merupakan layanan yang mengusung konsep “jemput bola” yang bertujuan untuk mempermudah akses peserta dalam mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan dan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Layanan BPJS Keliling yang disediakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Manokwari di lingkungap Polda Papua Barat
Layanan BPJS Keliling yang disediakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Manokwari di lingkungap Polda Papua Barat. Dok. BPJS Kesehatan

Kemudahan layanan tersebut dirasakan  langsung oleh para calon siswa (Casis) Bintara Panda Polda Papua Barat, Selasa (6/2/2024). Para casis memperoleh layanan tanpa harus datang ke kantor. Upaya ini menjadi solusi efektif dalam rangka mendukung kesehatan para calon siswa yang akan mengikuti seleksi di Polda Papua. Juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ikut serta program JKN.

Tim BPJS Keliling Kantor Cabang Manokwari hadir langsung di lokasi Polda Papua Barat untuk memberikan berbagai layanan administrasi BPJS Kesehatan kepada para calon siswa, mulai dari pendaftaran peserta, pemberian informasi mengenai program JKN, registrasi Mobile JKN, hingga skrining Riwayat kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari, dr. Dwi Sulistyono Yudo melalui keterangan resminya menjelaskan,kehadiran BPJS Keliling di Polda Papua Barat merupakan bentuk komitmen dalam mendukung kesehatan para calon siswa Polda.

“Kami ingin memastikan bahwa para calon siswa Polda Papua Barat memiliki akses yang mudah dan terjangkau terhadap layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Dengan adanya BPJS Keliling, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang bermanfaat bagi mereka,” ujarnya, Rabu (7/2/2024)

Dwi mengatakan dalam pelayanan BPJS Keliling tersebut para calon siswa dikenalkan dengan aplikasi Mobile JKN, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh calon siswa dalam mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan ataupun layanan kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada calon siswa Polda Papua Barat, karena 90% calon siswa yang akan mengikuti pendidikan telah melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN, sehingga nantinya dapat memanfaatkan layanan dengan berbasis digital melalui aplikasi Mobile JKN” ucap Dwi

Lihat juga  Usai Vaksin Covid-19, Sejumlah Tokoh Papua Barat: Biasa Saja

Dwi juga mengatakan melalui aplikasi Mobile JKN banyak fitur-fitur yang bisa memberikan informasi penting ke peserta BPJS Kesehatan, seperti fitur Info Program JKN yang bisa di akeses untuk mengetahui hak dan kewajiban peserta, fitur info peserta yang dapat melihat status keaktifan kepesertaan, fitur pendaftaran pelayanan (Antrean Online) yang bisa digunakan untuk mengambil antrean Online ketika berobat, fitur pengaduan layanan JKN yang bisa diakses ketika ingin menyampaikan pengaduan keluhan dan permintaan informasi tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

“Melalui aplikasi Mobile JKN kami memberikan banyak kemudahan dengan fitur-fitur yang ada, selain itu juga tersedia Kartu Indonesia Sehat (KIS) digital pada aplikasi Mobile JKN yang memudahkan saat mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan” tutur Dwi

Pada kesempatan terpisah kepala bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokes) Polda Papua Barat dr. Iskandar, Sp. B memberikan tanggapan positif atas sinergitas BPJS Kesehatan dengan ia berharap kedepannya kegiatan ini terus dilangsungkan dengan tujuan semakin memberdayakan manfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

Dengan adanya BPJS Keliling yang memberikan pelayanan kepada calon siswa Polda Papua Barat, ia berharap mereka dapat menjalani pendidikan dengan lebih aman dan nyaman karena telah terlindungi melalui Program JKN.

Selain itu para calon siswa Polda Papua Barat pun merasa senang dengan kehadiran BPJS Keliling. Mereka mengaku terbantu dengan adanya layanan kesehatan yang mudah diakses dan dapat membantu mereka dalam pelayanan administrasi, registrasi mobile JKN, mendapatkan informasi Program JKN, hingga Skrining Riwayat kesehatan. (*/PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *