oleh

Aleg Manokwari siap jadi donator aksi Hari Gernas Pilah Sampah

MANOKWARI, PAPUAKITA.comAnggota Legislatif (Aleg) Kabupaten Manokwari, Roland Y.S Yarollo menyatakan siap menjadi donator Hari Gerakan Nasional (Gernas) Pilah Sampah dari Rumah, bekerja sama dengan Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari pada tanggal 18 September mendatang.

“Atas nama pengurus, kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Roland Yarollo untuk bersinergi dan berkomitmen dalam penanganan persoalan sampah,” ucap Ketua Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari, Yohanes Ada’ Lebang.

Semoga dukungan yang diberikan, harap Lebang, ini menjadi perhatian serius berbagai pihak dan warga Manokwari untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan dan menjadikan wajah Manokwari kembali bersih dan bersinar untuk pembangunan berkelanjutan menuju kesejahteraan warga melalui pendapatan yang akan diterima.

Kegiatan aksi pemilihan sampah bertempat pada keluarga masing masing, dan akan dilakukan penimbangan di beberapa tempat yang sudah ditentutkan. Seperti, di Pulau Mansinam, Pulau Lemon, Sowi Pantai (Sowi 4), dan wilayah Amban yang dipusatkan di Asrama Mahasiswa Katolik Villanova bekerja sama dengan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang St. Thomas Villanova Manokwari.

Penimbangan sampah juga dapat dilakukan melalui Bank Sampah Induk pada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Manokwari maupun melalui Bank Sampah Unit UKM Pramuka Unipa maupun Bank Sampah Unit Biryosi.

“Kegiatan aksi pemilahan dan akan dilakukan penimbangan khusus untuk bahan daur ulang sampah plastik (botol) dengan harga Rp1.000 per kilogramnya,” ungkap Lebang.

Menurut Lebang, Roland Yarollo mengaku, program yang sudah disampaikan koperasi Produsen Pengelola Sampah Manokwari menjadi keterpanggilan hati untuk membantu sebagai Wakil Rakyat. Sebab persoalan sampah Manokwari menjadi persoalan bersama dan wajib menjadi perhatian serius dengan adanya dukungan bersama-sama.

“Saya dipilih oleh warga Manokwari dan selayaknya saya dapat membantu dengan apa yang saya miliki, melihat persoalan sampah yang bukan saja menjadi persoalan Manokwari. Tetapi menjadi persoalan dunia saat ini yang perlu penanganan bersama,” tutur Lebang menirukan perkataan Roland Yarollo.

Lebang mengaku, Roland Yarollo sudah menyatakan dukungan terhadap aksi yang dilakukan oleh koperasi Produsen Pengelola Sampah kabupaten Manokwari terkait aksinya di tanggal 18 September mendatang dan program kegiatan selanjutnya.

Lihat juga  BPJamsostek Manokwari Gandeng Binus Sosialisasi Manfaat Jamsostek

Disampaikan, oleh Roland Yarollo, akis memiliah sampah dapat mendorong semua pihak dapat mendukung program ini secara gotong royong dan menyukseskan program Zero Waste (nol sampah) di kabupaten Manokwari. Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari yang konsen terhadap persoalan lingkungan hidup.

Di sisi lain, Lebang mengungkapkan, kehadiran koperasi ini sejak setahun yang lalu sebagai cikal bakal komitmen bersama pemerintah kabupaten Manokwari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan.

Komitmen bersama itu dalam mendukung pemerintah daerah dalam upaya pengelolaan sampah 30 persen dan 70 persen pengurangan sampah pada tahun 2025, serta mendukung program perubahan iklim 2030 (pemanasan global) dengan adanya pengurangkan peningkatan Karbon diksida (emisi gas CO2) dalam pengurakan efek Gas Rumah Kaca (GRK) sebagai isu dunia saat ini.

Diketahui, kehadiran koperasi produsen sampah telah dimulai sejak 2015 lalu dalam pengelolaan sampah (plastik, karton dan minyak goreng bekas).

Kata lebang, hal yang baik dan luar biasa atas keterpanggilan hati seorang wakil rakyat dalam membantu pelaksanaan aksi ini diharapkan mendapat dukungan juga dari semua pihak dan menjadi teladan yang baik bagi semua pemangku kepentingan dan warga Manokwari.

“Kegiatan pemilahan sampah ini juga merupakan sinergi program dan dukungan secara berkelanjutan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat dalam menghadirkan Kampung Wisata di kabupaten Manokwari,” pungkasnya. (ARF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed