Beranda Lingkungan Gubernur Dominggus Mandacan Ajak ANS dan Masyarakat Wujudkan Indonesia Bersih di Papua...

Gubernur Dominggus Mandacan Ajak ANS dan Masyarakat Wujudkan Indonesia Bersih di Papua Barat

131
0
Dominggus Mandacan
Apel Peringatan HPSN Tahun 2019 di lingkup Provinsi Papua Barat. Foto : MR3

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Gubernur Dominggus Mandacan mengajak ASN dan seluruh elemen masyarakat di Papua Barat meningkatkan kesadaran tentang menjaga kelesatarian lingkungan yang dimulai dengan peduli dengan sampah.

Demikian disampaikan gubernur saat memimpin apel peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 di Lapangan apel Kantor Gubernur Papua Barat, selasa (26/2/2019).

“Saya selaku gubernur Papua Barat mengajak seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah kabupaten dan kota se provinsi Papua Barat, agar bersama-sama peduli pada sampah,” ucap gubernur.

“Bergotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan yang bebas dari sampah sehingga upaya menciptakan Indonesia Bersih dapat terealisasi di provinsi Papua Barat,” tambah Gubernur Dominggus.

Menurut gubernur, Undang Undang tentang pengelolaan sampah telah ada sejak tahun 2008. Namun belum berjalan optimal karena pengelolaan sampah masih bermasalah, sebab pertambahan timbunan sampah berbanding lurus dengan lajunya pertumbuhan penduduk dan pola konsumtif masyarakat.

Di sisi lain, peningkatan taraf hidup masyarakat sangat mempengaruhi volume serta jenis sampah yang dihasilkan, tetapi sangat disayangkan kondisi itu tidak sebanding dengan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Kesadaran ini dimaksudkan untuk membangun kesadaran bersama untuk kelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat,” kata gubernur.

Peringatan HPSN tahun 2019 mengangkat tema “Kelolah Sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai”, dengan sub tema “Sinergi upaya kelolah sampah, dunia usaha dan pemerintah partisipasi masyarat modal sosial utama”.

Apel HPSN tahun 2019 diikuti ASN di lingkup Pemprov Papua Barat, personel Kodam XVIII/ Kasuari, Personel Polda Papua Barat, Personel Sat.Brimobda Polda Papua Barat dan Personel Fasharkan TNI AL Manokwari.

Selain itu, diisi dengan kerja bakti membersihkan sampah—dimulai dari Pantai Dosa, Arfai, sepanjang ruas Jalan Manokwari–Maruni hingga pantai Wisma Maruni. (MR3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here