Gubernur Dominggus Mandacan dan PWI Papua Barat Tanam Pohon di Pulau Mansinam

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Aksi tanam pohon dilakukan bersama Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dengan puluhan insan pers yang merupakan perwakilan dari organisasi PWI Papua Barat, di Pulau Mansinam, Jumat (24/1/2020).

Sedikitnya 290 bibit yang terdiri atas pohon jenis trembesi, matoa, manga, rambutan, ketapang, pucuk merah, dan bebera jenis lain, ditanam di sekitar patung kristus yang terdapat di pulau peradan orang asli Papua itu.

“Terima kasih wartawan. Kalian luar biasa, orang-orang hebat semua. Kita tidak berpikir ke sana (tanam pohon, red), kalian bisa datang bawah bibit pohon yang menghasilkan buah. Rambutan, mangga, matoa yang bisa ditanam di sekitar tugu Tuhan Yesus di Pulau Mansinam,” ucap gubernur di sela kegiatan penanaman bibit pohon.

Perwakilan pengurus PWI Papua Barat bersama dengan gubernur, wakil gubernur, sekda, dan beberapa pimpinan SKPD pose bersama usai menanam bibit pohon di Pulau Mansinam. Foto : TRI

Gubernur berharap dalam beberapa tahun ke depan, pohon-pohon yang ditanam tersebut bisa berbuah dan menghasilkan. Ia juga mengingatkan, pohon-pohon yang telah ditanam perlu dirawat.

Agenda penanam bibit pohon, juga merupakan rangkaian dari perayaan Hari Pers Nasional yang dicanangkan oleh PWI Papua Baat. Aksi peduli lingkungan ini mendapat dukungan dari Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat dan Polairud Polres Manokwari, serta masyarakat Kampung Mansinam.

Selain gubernur, penanaman pohon juga dilakukan oleh Wakil Gubernur Papua, Barat Mohamad Lakotani, Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan, serta beberapa pimpinan OPD dan didampingi Ketua PWI Papua Barat, Bustam dan Ketua Panitia HPN PWI Papua Barat, Yohanes Ajoi.

“Kami tidak hanya menulis, tapi kami ingin turun langsung bersama masyarakat melakukan penanaman pohon. Ini demi kelestarian lingkungan agar tetap hijau dan lestari,” kata Bustam.

Ketua Panitia Yohanes Ajoi menambahkan, penanaman ini sengaja digabungkan bersama kegiatan kerja bakti Pemprov Papua Barat.

Lihat juga  Tim Comdev Fapet Unipa dan PT MPHS, Sinergi Wujudkan Energi Terbarukan

“Kita senang karena agenda ini berjalan baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dishut PB dan Polairud yang telah mengakomodir sehingga semuanya berjalan lancar. Juga teman-teman wartawan di Manokwari,” pungkas Ajoi. (TRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *