Beranda Lingkungan Warga Perumahan Griya Amban Pantai Waspadai Banjir

Warga Perumahan Griya Amban Pantai Waspadai Banjir

239
0
Perumahan Griya Amban Pantai
Warga Kompleks Perumahan Griya Amban Pantai kerja bakti bersihkan lingkungan. Foto : Istimewa

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Warga yang bermukim di kompleks Perumahan Griya Amban Pantai, Kelurahan Amban, Distrik Manokwari Barat, mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir dalam kondisi cuaca ekstrem saat ini. Warga bergotong royong melakukan pembersihan lingkungan di kompleks perumahan, Sabtu (2/2/2019).

Ancaman banjir membuat warga dikompleks tersebut resah. Banjir yang berdampak sekali terjadi pada 19 Januari lalu. Saat itu, kondisi cuaca Manokwari diguyur hujan deras yang berlangsung cukup lama. Kompleks Griya Amban Pantai terendam banjir, air masuk hingga ke rumah-rumah warga.

“Banjir terjadi di lingkungan perumahan griya Amban Pantai dikarenakan aliran air di jalan utama di bagian depan perumahan belum dibangun parit permanen. Debit air yang deras mengalir masuk ke kompleks perumahan hingga rumah warga,” kata Ketua Lingkungan Toni Wattimena kepada papuakita.com, di sela aksi gotong royong, Sabtu (2/2/2019).

Toni mengaku, Perumahan Griya Amban Pantai belum dibangun drainase. Sehingga saat curah hujan tinggi, kompleks ini menjadi ‘langganan’ banjir. Warga pun hanya bisa pasrah dengan kondisi tersebut.

“Kami minta partisipasi dan dukungan dinas terkait segera membangun parit yang permanen, sehingga debit air dapat mengalir menuju ke laut,” tuturnya.

Toni menambahkan, aksi bersih lingkungan secara gotong royong merupakan upaya yang bisa hanya dilakukan oleh warga dalam mengantisipasi cuaca ekstrim yang terjadi akhir akhir ini.

“Warga bersepakat untuk melakukan kerja bakti di lingkungan perumahan yang melibatkan hampir 80 kepala keluarga,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Papua Barat Derek Ampnir mengimbau warga yang berada di daerah-daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan ancaman banjir dan tanah longsor.

Ampnir menambahkan, terdapat sejumlah titik rawan banjir yang ada di wilayah kabupaten Manokwari. Misalnya, Kampung Tanimbar 1 dan 2, Kampung Bugis, Lembah Hijau dan Kompleks Transito di Kelurahan Wosi. Selain itu, Kompleks Amban Pantai, Kampung Petrus Kafiar, dan beberap titik di Kelurahan Sowi. (RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here