Beranda Manokwari Selatan Hendrik Mokiri: HPI Siap Bangun Pariwisata Manokwari Selatan

Hendrik Mokiri: HPI Siap Bangun Pariwisata Manokwari Selatan

455
0
HPI Manokwari Selatan
Pelantikan Pengurus DPC HPI Kabupaten Manokwari Selatan oleh Ketua DPD HPI Provinsi Papua Barat, Matias Rumbruren. Foto : Dok. DPD HPI Prov. Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC-HPI) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) periode 2019-2014, resmi dilantik, Selasa (28/5/2019).

Acara pelantikan berlangsung di Aula Srikandi, Ransiki, ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Yacob Likliwatil, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Remus Mandowen, dan pimpinan OPD di lingkup kabupaten Manokwari Selatan, serta ketua klasis Ransiki.

Ketua DPD HPI Papua Barat, Matias Rumbruren melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (29/5/2019) menyampaikan, pentingnya kehadiran DPC HPI di Manokwari Selatan sebagai wadah untuk memproteksi SDM kepariwisataan yang berprofesi sebagai Guide.

“Kehadiran DPC juga turut berperan dalam penciptaan lapangan pekerjaan baru dan juga mempelopori penemuan spot-spot wisata baru di Mansel,” tutup Matias Rumbruren.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menakhodai organisasi HPI. Saya meminta dukungan dari semua pihak untuk selalu memberikan dukungan kepada organisasi yang baru berdiri ini. HPI siap membangun pariwisata daerah Manokwari Selatan,” jelas Ketua DPC HPI terpilih, Hendrik Mokiri.

Bupati Markus Waran dalam sambutan tertulis yang dibacakan Yacob Liklikwatil, meminta pengurus DPC HPI Manokwari Selatan untuk terus berperan dalam pembangunan kepariwisataan di Mansel.

“Sesuai dengan fungsi dan peran pramuwisata (guide) yang adalah ujung tombak promosi pariwisata bagi wisatawan, HPI Mansel dituntut untuk terus aktif dalam mempromosikan potensi wisata yang ada di Mansel,” jelas bupati.

Adapun acara pelantikan diawali dengan penyampaian materi oleh Prof. Barahima dengan Judul ‘Pengembangan Agrowisata Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Mansel’, dilanjutkan dengan penyampaian materi ‘Sadar Wisata dalam Pembangunan Pariwisata’ oleh Yansen Saragih.

Dan materi terakhir yang disampaikan oleh Matias Rumbruren tentang ‘Pengertian dan Jenis-Jenis Pramuwisita’. “Penyampaian materi bertujuan untuk membekali pengurus sebelum dilantik agar siap dalam dunia kerja nantinya,” sebut Yansen Saragih. (*/RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.