oleh

KPU Manokwari Selatan Kembalikan Berkas Pasangan SEMANIS

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Seblon Mandacan-Imam Syafi’i (SEMANIS), menjadi pendaftar pertama di hari terakhir pendaftaran di KPU Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (6/9/2020).

Pantauan papuakita.com, pasangan ini tiba di kantor KPU Manokwari Selatan sekira pukul 13.40 WIT dan didampingi beberapa pengurus parpol, masing-masing Partai Gerindra dan PAN.

Pasangan SEMANIS. Foto : TRI

Pasangan SEMANIS diterima oleh ketua KPU Anthon J. Wopary dan Ketua Bawaslu Inggrid Sabubun, langsung mengikuti proses verifikasi syarat calon dan syarat pencalonan. Setelah 2 jam verifikasi, akhirnya ketua KPU Anthon Wopary menyatakan, berkas dokumen dikembalikan untuk diperbaiki.

Anthon Wopary mengatakan, syarat pencalonan berupa B.1KWK PAN tidak sesuai dengan SK kepengurusan parpol saat dicocokkan dengan data SIPOL milik KPU.

“KPU menemukan rekomendasi dari DPP PAN berupa B.1KWK tidak sesuai dengan yang diserahkan oleh pasangan SEMANIS. Kami kerja sesuaikan dengan aturan sehingga tidak ada rekayasa dalam pendaftaran setiap calon yang ingin mendaftar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anthon Wopary menegaskan, berkas bakal paslon SEMANIS bukan ditolak melainkan dikembalikan untuk diperbaiki sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan didalam Peraturan KPU (PKPU).

“KPU mengembalikan (berkas) untuk diperbaiki sampai dengan batas waktu pendaftaran berakhir. Tetapi pasangan calon dan partai politik menolak dan langsung meninggalkan lokasi pendaftaran,” tutup Wopary.

Adapun Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten Manokwari Selatan Medina Ali menyebut, ada kejanggalan dalam verifikasi SK kepengurusan, Ia merasa sampai dengan saat ini belum ada surat pemberhentian dirinya selaku pengurus resmi DPD PAN Mansel. (TRI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed