oleh

Bhineka Tunggal Ika Adalah Anugerah Tuhan yang Harus Dijaga

MANOKWARI, PAPUAKITA.comBupati Manokwari Hermus Indou menyatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila tidak sekadar mengingatkan kita akan nilai-nilai perjuangan bangsa. Akan tetapi dalam peringatannya mengandung makna pentingnya merawat dan melestarikan ciri Indonesia sebagai bangsa yang ber-bhineka tunggal ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kita harus akui bahwa ideologi Pancasila terbaik untuk menyatukan kehidupan bermasyarakat dari berbagai latar belakang suku, agama, dan ras. Ciri Indonesia adalah ber-bhineka tunggal ika yang harus dilestarikan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Hermus usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila tingkat nasional yang digelar secara virtual, Selasa (1/6/2021).

Peringatan hari lahir Pancasila, lanjut Hermus, juga mengingatkan kita akan pesan untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan di dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Untuk tetap menjadikan Pancasila sebagai filsafat hidup dalam berbangsa dan bermasyarakat demi keutuhan kehidupan bermasyarakat di Indonesia dan khususnya di Manokwari bisa tetap terjaga dan lestari.

“Peringatan hari lahir Pancasila juga bermanfaat untuk membangun komitmen kebangsaan kita dalam menghadapi tantangan tertutam ideologi lain yang bisa mengikis nilai-nilai Pancasila dari kehidupan bermasyarakat,” ucap Hermus,

Menjadi bangsa yang ber-bhineka tunggal ika, tambah Hermus, masyarakat mesti memelihara semangat persatuan. Sebab Pancasila adalah ideologi bangsa yang menyatukan kehidupan bermasyarakat dari berbagai latar belakang suku, agama, dan ras. (*/ARF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed