Beranda Manokwari Bupati Demas Mandacan Ingatkan Netralitas FKUB

Bupati Demas Mandacan Ingatkan Netralitas FKUB

208
0
Bupati Demas Paulus Mandacan dan Wakil Bupati Edi Budoyo pose bersama Pengurus FKUB Manokwari periode 2018-2023. Foto : EFN/PKT

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Tugas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangat strategis dalam membantu pemerintah daerah. Dan yang terpenting adalah melaksanakan tugas-tugas yang diemban dengan penuh tanggung jawab termasuk menyelesaikan masalah-masalah umat beragama dengan menganut sifat netralitas.

Demikian diutarakan Bupati Demas Mandacan saat melantik 17 pengurus FUKB Manokwari masa masa bakti 2018-2023, berlangsung di Gedung Sasana Karya kantor bupati, Jumat (14/12/2018) malam.

Bupati Demas berharap, FKUB dapat memberikan rekomendasi kebijakan kepada kepada kepala daerah terkait dengan kondisifitas kerukunan umat beragama di daerah ini.

“Anggota badan pengurus FKUB Manokwari agar berkomitmen untuk bekerja keras, bekerja cerdas,  bekerja ikhlas dan bekerja tuntas serta melayani untuk mencapai tujuan Manokwari Yang berbudaya, maju, mandiri, aman, damai dan sejahtera,” ucap Demas berpesan.

Selain itu Demas Juga berharap dalam menjalankan tugas strategisnya FKUB Manokwari dapat mendeteksi sedini mungkin serta memetakan gangguan kerukunan umat beragama, meredam dan mencarikan solusi terhadap gangguan kerukunan serta mengidentifikasi dan merefitalisasi kearifan lokal yang dapat mendukung kerukunan umat beragama.

“FKUB dapat memainkan perannya dengan baik yakni melakukan pencegahan dan deteksi dini terhadap isu-isu yang mengancam kerukunan umat beragama, karena umat beragama bukanlah obyek, melainkan subyek atau pelaku utama dalam upaya memelihara kerukunan intern dan antara umat beragama,” tegas Demas.

Bupati Demas menambahkan, FKUB dapat segera merancang program kerja yang dapat mempererat kerukunan antar umat beragama di kabupaten Manokwari.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut sejumlah anggota dari Fokopimda kabupaten Manokwari, tokoh masyarakat dan juga para pemuka agama yang ada di daerah ini. (EFN)

Beriktu ke 17 Anggota Badan Penggurus FKUB Kabupaten Manokwari tersebut antara lain :

  1. Pdt. Musa D. Yowei, M.Th – Ketua (Utusan Kristen)
  2. H. Muksin Rahakbau – Wakil Ketua I (utusan Islam)
  3. Pdt. Albert Bertus Rumwaropen, S.Th, M.Si – Wakil Ketua II (Utusan Kristen)
  4. I Gede Wiradana – Wakil Ketua III (utusan Hindu)
  5. Pdt. Dr Tandi F. Randa, M.Th – Sekretaris (utusan Kristen)
  6. Pendeta Nurdet – Wakil Sekretaris (Budha)
  7. Jein A. Tuerah, S.Pd – Bendahara (Khatolik)
  8. Pdt. Erwin Makalew, S.Th – Anggota (Kristen)
  9. Pdt. Ever Wanma, M.Th – Anggota (Kristen)
  10. Pdt. Willem Sybian, S.Th, M.Miss – Anggota (Kristen)
  11. Pdt. Hengki Wenggi, S.Th – Anggota (Kristen)
  12. Pdt. Ahas Raunsai, S.Pdk – Anggota (Kristen)
  13. Yahya Sayori, S.Hut, MT – Anggota (Kristen)
  14. Pdt. Musa E. Opur, M.Pd.K – Anggota (Kristen)
  15. H. Abdul Rohim – Anggota (Islam)
  16. H. Bahrudin Salbola – Anggota (Islam)
  17. Aloysius Siep, SE – Anggota (Khatolik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here