oleh

Hermus Indou: Dinas pendidikan tidak optimal mengelola DAK

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Bupati Manokwari Hermus Indou menyatakan, pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pendidikan di tahun anggaran 2021, tidak optimal. Hal itu disampaikan Hermus saat melakukan sidak, Senin (3/1/2022).

“Tahun ini, jujur saya harus mengatakan bahwa dinas pendidikan tidak optimal dalam mengelola DAK. Saya tidak tahu kendalanya di mana dan kenapa? Ini menjadi tanggung jawab kepala dinas dan semua kepala bidang,” katanya.

Jujur, kata Harmus, DAK adalah salah satu sumber pendapatan kabupaten Manokwari. Sehingga pengelolaannya mesti optimal dalam rangka mendukung keuangan daerah yang sangat terbatas. Untuk itu, ia mengingatkan, dinas Pendidikan mesti berterima kasih, selain mengelola APBD murni, dinas juga mengelola DAK.

“Kalau tahun ini tidak terserap, maka ini akan menjadi hambatan kita di tahun depan. Sementara banyak sekolah, unit penyelenggara pendidikan yang membutuhkan pembiayaan infrastruktur dan juga hal lain yang perlu dibiayai,” ujarnya.

Menurut bupati, pengelolaan DAK tidak optimal bisa menjadi celah bagi pemerintah pusat untuk tidak percaya kepada daerah dalam pengalokasian anggaran. Ia menekankan, dinas pendidikan mesti banyak berkoordinasi terkait pengelolaan DAK.

“Berkoordinasi aktif dengan Bappeda, inspektorat, dan keuangan. Jangan tunggu diperintah, jangan. DAK ini harus diselenggarakan dengan baik. Kemarin (tahun lalu) ada terjadi gagal salur,” tegas Hermus.

Hermus dalam kesempatan itu memita penjelasan kepala dinas pendidikan soal gagal salur DAK dimaksud. Diketahui, gagal salur alias tidak terealisasinya DAK tersebut terjadi pada bidang PAUD dan SD.

“Itu diperhatikan, janga sampai gagal lagi. Tahun ini, saya sudah genjot agar DPA diserahkan lebih awal sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa laksanakan kegiatan. Jauh lebih baik bisa kita pastikan banyak kegiatan yang bisa diserap sebelum perubahan anggaran sehingga tidak menghambat kita soal alokasi anggaran,” pungkasnya. (PK-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed