Beranda Manokwari Kampung Subsay di Dataran Warmare Layak Dimekarkan

Kampung Subsay di Dataran Warmare Layak Dimekarkan

68
0
Kepala Suku Kampung Subsay, Mesak Indou. Foto : Istimewa

MANOKWARI, PAPUAKITA.comKepala Suku Kampung Subsay Mesak Indou menegaskan, kampungnya memenuhi syarat untuk dimekarkan. Bahkan, Mesak menyatakan rela melepaskan lokasi tersebut untuk dilakukan pembangunan permukiman dalam rangka mendukung proses pemekaran.

“Langkah persiapan yang telah dilakukan, warga diminta menyiapkan rumah layak huni. Selain dokumen administrasi lainnya yang akan diserahkan ke bupati dan wakil bupati setelah dilantik,” ujar Mesak melalui keterangan tertulis yang diterima, Minggu (21/2/2021).

Kata Mesak, pemekaran dalam rangka membangun kampung baru merupakan upaya untuk mendorong pemerataan. Ini menjadi kebutuhan masyarakat guna meningkatkan sumber daya di kampung yang lebih kreatif dan mandiri.

Mesak membeberkan, kampung Subsay memiliki luas wilayah yang cukup, dengan topografi daerah daratan, kondisi tanah yang subur, serta jumlah Kepala Keluarga (KK) dan jiwa memenuhi syarat.

“Ditambah sarana listrik telah tersedia. Hal ini yang menjadi harapan warga kampung Subsay, Distrik Warmare untuk membentuk satu kampung baru, terpisah dari kampung induk,” ujarnya.

Aspirasi memekarkan kampung Sub telah diusulkan sejak kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari pasangan (alm) Demas Paulus Mandacan-Edi Budoyo.

“Tuhan berkehendak lain, Bapak Demas meninggal. Beliau waktu itu minta siapkan saja, jalan saja nanti dimekarkan. Jadi, kami minta nanti Bapak Hermus Indou dan Bapak Edi Budoyo yang lanjutkan,” tutur Mesak.

Mesak menambahkan, warga yang akan mendiami kampung baru itu berasal dari trans lokal. Meliputi warga kampung induk, warga Warmare dan juga warga kota Manokwari.

“Di sini ada masyarakat asli Papua, non Papua. Semua menyatu. Mereka sangat antusias membangun kampung. Mereka mau ini jadi kampung. Kami terbuka, siapa yang mau bangun kampung, silahkan. Kami sangat terbuka,” pungkas Mesak. (*/ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.