Beranda Manokwari Ketersediaan Air Bersih Dominasi Usulan Musrenbang Distrik Manokwari Barat

Ketersediaan Air Bersih Dominasi Usulan Musrenbang Distrik Manokwari Barat

128
0
Anggota DPRD Kabupaten Manokwari saat mengikuti acara Musrenbang Tingkat Distrik Manokwari Barat
Anggota DPRD Kabupaten Manokwari saat mengikuti acara Musrenbang Tingkat Distrik Manokwari Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.comKepala Distrik Manokwari Barat Yeremias Mandacan mengatakan, ketersediaan air bersih merupakan permasalahan yang merata yang dialami masyarakat di wilayah distrik Manokwari Barat.

Masalah air bersih juga mendominasi usulan dari 6 Kelurahan dan 4 Kampung yang disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik. Selain air bersih, pembangunan jalan lingkungan, dan penerangan atau lampu jalan.

Yeremias Mandacan, Kepala Distrik Manokwari Barat. Foto : ARF

“Mereka prioritaskan itu air bersih, kasihan. Di Manokwari ini dirasakan kendala (ketersediaan) air bersih, ini yang harus diprioritaskan. Berikutnya jalan lingkungan, ini kasihan. Kalau hujan jalanan menjadi becek, harus diutamakan untuk masyarakat. Masyarakat ada dulu, baru ada pemerintah,” ujar Yeremias usai pembukaan Musrenbang Distrik Manokwari Barat, Rabu (24/3/2021).

“Semua kelurahan dan kampung di wilayah Manokwari Barat mempriotaskan air bersih. Kasihan, masyarakat punya kebutuhan ini”.

Usulan-usulan yang disampaikan dalam musrenbang, lanjut Yeremias Mandacan, juga disampaikan kepada anggota DPRD, khususnya anggota DPRD yang berasal dari daerah pemilihan distrik Manokwari Barat.

“Sudah kita sampaikan juga usulan-usulannya ke anggota DPRD. Lihat, kan anggota DPRD ada semua itu. Tetapi tidak tahu kandasnya itu di OPD atau di mana?,” ujarnya.

Di sisi lain, Yeremias Mandacan menegaskan, pembangunan dibidang pendidikan dan kesehatan juga perlu mendapat perhatian. Sebab, bangunan sejumlah sekolah di wilayah distrik Manokwari Barat perlu direnovasi.

“Perlu dilihat lagi keberadaan gedung-gedung sekolah yang mestinya direnovasi. Termasuk keberadaan fasilitas kesehatan di wilayah ini. Tetapi biasanya masalah ini lebih spesifik diketahui dan diusulkan melalui pemerintahan kampung dan kelurahan,” tambah Yeremias Mandacan. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.