Beranda Manokwari KPU Manokwari Mulai Sortir Logistik Pemilu 2019

KPU Manokwari Mulai Sortir Logistik Pemilu 2019

371
0
KPU Manokwari
Pegawai KPU Kabupaten Manokwari sedang menyortir logistik pemilu. Logistik yang telah diterima mencapai 70 persen. Foto : RBM/PKT.

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari mulai melakukan penyortiran logistik pemilu legislatif dan pemilu presiden. Pelaksanaan pemilu ini dilakukan serentak pada 17 April 2019.

Ketua KPU Kabupaten Manokwari Abdul Muin Salewe mengatakan, logistik pemilu yang diterima akan didistribusikan ke 693 TPS yang tersebar di 9 distrik se Kabupaten Manokwari.

“Hampir semua logsitik sudah diterima, yang belum adalah surat suara. Logistik tersebut segera didistribusikan oleh KPU RI setelah selesai dicetak,” kata Abdul Muin kepada papuakita.com, Senin (14/1/2019).

Sekretaris KPU Kabupaten Manokwari, Rustam Efendi
Sekretaris KPU Kabupaten Manokwari, Rustam Efendi saat menunjukan logistik pemilu berupa stiket yang akan ditempelkan di kotak suara. Ada lima jenis stiker untuk 5 kotak suara. Foto : RBM/PKT

KPU mengggunakan dua gudang untuk menampung logistik yang telah diterima dari KPU RI maupun logsitik yang pengadaannya dilakukan oleh KPU di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Kita menggunakan dua gudang. Salah satunya disewa untuk menampung logistik berupa bilik suara dan kotak suara. Gudang lain milik KPU masih dipakai menampung sisa-sisa logistik pemilu tahun-tahun sebelumnya. Recananya akan segera kita musnahkan,” ujar Abdul Muin.

Sekretaris KPU Kabupaten Manokwari Rustam Efendi menambahkan, logistik yang pengadaannya dilakukan di tingkat lokal terdiri dari kelengkapan TPS, seperti balpoint, spidol, lem, kantong plastik, Tanda Pengenal KPSS dan anggota KPPS, Petugas PAM TPS, serta tanda pengenal saksi sebanyak 23 buah per TPS.

Pegawai KPU Kabupaten Manokwari sedang menyortir logistik pemilu. Logistik yang telah diterima mencapai 70 persen. Foto : RBM/PKT

“Kabel tis atau pengganti gembok yang pengadaannya juga oleh KPU kabupaten sudah didistribusikan. Sudah kami terima dan sampai hari ini yang sudah kami lakukan sortir adalah, alat tulis, lem, karet, tanda pengenal, kantung plastik, dan tinta serta kabel tis,” ungkap Rustam.

KPU Manokwari menerima distribusi logistik dari KPU RI terakhir di November. Sedangkan dari KPU provinsi dan kabupaten/kota terakhir medio Desember 2018.

“Jadi untuk di KPU kabupaten Manokwari yang kami belum terima adalah formulir dan surat suara. Kami juga masih menunggu DPT pilpres dan pileg untuk DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Pengadaan semua oleh KPU RI,” ujar Rustam.

Rustam menambahkan, penerimaan logistik pemilu 2019 telah diterima telah mencapai 70 persen. “Penyortiran logistik surat suara, KPU bakal merekrut tenaga bantuan termasuk mengajak relawan demokrasi. Jumlah surat suara yang harus dilipat itu mencapai 700 an ribu lebih,” tutup Abdul Muin. (RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here