oleh

Produk legislasi DPRD Manokwari bakal tak capai target

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Capaian Program Pembentukkan Peraturan Daerah (Propemperda)  DPRD Kabupaten Manokwari bakal tak mencapai target. Hal ini diakibatkan mempetnya waktu pembahasan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang sudah ditetapkan menjadi Propemperda tahun 2021.

“Kita kebut untuk 7 perda, tetapi kemungkinan besar kita akan membahas hanya satu, masing-maising komisi. Itu karena waktu kita terlalu mepet. Jadi skala prioritas saja,” kata Ketua Bapemperda Romer Tapilatu, Senin (6/9/2021).

Romer mengatakan, Bapemperda sudah mengomunikasikan ke soal pengajuan lebih dari satu ranperda untuk dibahas, dan itu bisa. Asalkan ranperda sudah dapat dikomunikasikan maksimal sehingga proses pembahasan tidak terlalu lama mengingat waktu pembahasan dalam masa sidang tiga cukup mepet.

“Usulan 7 ranperda itu merupakan hal baru sehingga membutuhkan naskah akademik, tidak ada perubahan. Kalau tidak salah usulan dari pemerintah daerah itu ada yang perubahan saja sehingga tidak membutuhkan naskah akademik,” ujarnya.

Romer menambahkan, DPRD juga berupaya mengomunikasikan rencana pembahasan ranperda dengan pemerintah daerah.

“Sampai hari ini belum ada komunikasi dari pemerintah daerah soal priortas mana yang akan dibahas dalam program propemperda,” tutupnya.

Diketahui, DPRD kabupaten Manokwari telah menetapkan 18 ranperda menjadi Propemperda tahun 2021. Penetapan Propemerda itu berlangsung pada 4 Februari lalu dalam sebuah rapat paripurna masa sidang satu. (PK-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed