by

Sriwijaya Air Rute Manokwari-Makassar Segera Dibuka Kembali, Kapasitas Penumpang Dibatasi

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Kepala Otoritas Bandara Wilayah IX Papua Barat Agus Irianto menyebutkan, setelah keluar Surat Edaran Menteri Perhubungan dan Satgas Covid-19, sejumlah maskapai penerbangan sudah mulai meminta slot time (waktu terbang, red) di Bandara Rendani Manokwari.

“Sudah ada penerbangan dari Manokwari-Sorong dan sebaliknya. Sriwijaya juga sudah meminta slot time pada kepala bandara, untuk penerbangan Makassar ke Manokwari dan Manokwari ke Jakarta. Sementara untuk Lion Group belum ada informasi,” kata Agus, Rabu (10/6/2020).

Aktivitas transportasi angkutan udara sudah mulai beroperasi kembali di Papua Barat. Meski begitu, protokol kesehatan wajib dipenuhi, baik oleh maskapai penenrbangan maupun calon penumpang.

Bandar Udara Rendani
Maskapai Sriwijaya Air dengan nomor register PKC-5C saat mengalami kerusakan di Bandar Udara Rendani, Manokwari. Foto diambil pada Selasa 9 Juli 2019. Foto : RBM

Maskapai penerbangan yang beroperasi diwajibkan untuk membatasi penumpang pesawat hanya 72 persen dari kapasitas penumpang, serta memegang surat rekomendasi dari gugus tugas di wilayahnya masing-masing.

“Saat ini masih lanjutan surat gubernur yang lalu ada pengecualian, tetapi untuk umumpun akan kita layani seperti mahasiswa yang mau kembali ke kota studi namun wajib memiliki rekomendasi dari satgas Covid -19,” lanjut Agus.

Meski surat edaran gubernur yang baru telah dikeluarkan untuk penumpang kedatangan, namun di beberapa wilayah belum bisa dilayani, seperti di Kota Sorong. Selanjutnya, menurut Agus Irianto, untuk penerbangan perintis mau tidak mau harus dijalankan agar aktivitas perekonomian tidak terganggu.

Terpisah, Airport Service Manager Sriwijaya Air Distrik Manokwari, Rimanto Pongsipulung mengatakan, saat ini Sriwijaya telah beroperasi untuk rute Manokwari ke Makassar membawa penumpang keluar setiap hari Senin.

“Nanti 11 dan 12 Juni kami melakukan penerbangan perdana Makassar ke Manokwari via Sorong dengan membawa penumpang. Dengan syarat dan ketentuan penumpang keluar Manokwari mengacu pada surat edaran nomor 7 tahun 2020 dari Gugus tugas percepatan penganan Covid-19,” kata dia.

Lihat juga  Pengumuman Nama Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Papua Barat 2018-2023

Rimanto juga menyebutkan, Sriwijaya Air memastikan akan melaksanakan SOP kebersihan, kesehatan dan keselamatan dalam setiap penerbangannya. (TRI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *