Beranda Manokwari Tujuh Pegawai BBTNTC dan 3 Warga Terjebak di Pulau Wairundi, Teluk Wondama

Tujuh Pegawai BBTNTC dan 3 Warga Terjebak di Pulau Wairundi, Teluk Wondama

263
0
Kepala Kantor SAR Manokwari, George Leo Mercy Randang saat memimpin briefing di atas KN 244 Kumbakarna sesaat sebelum bertolak menuju Pulau Wairundi untuk mengevakuasi korban yang terjebak di pulau itu. Dok. Humas SAR Manokwari

MANOKWARI, Papuakita.com – Tujuh pegawai Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BB TNTC) serta 3 orang warga terjebak di Pulau Wairundi, Kabupaten Teluk Wondama. Mereka dalam kondisi kehabisan makanan dan pasokan air tawar.

Kepala Kantor SAR Manokwari, George Leo Mercy Randang dikonfirmasi, Jumat (26/10/2018) membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan, kejadian itu dilaporkan seorang warga yang berdomisili di daerah Taman Ria, Manokwari.

“Laporan warga itu berdasarkan komunikasi lewati telepon seluler salah seorang korban dengan dirinya. Kita klarifikasi ternyata informasi ini A1, sesuai sehingga tim dikerahkan untuk mengupayakan evakuasi ke lokasi para korban,” kata Mercy.

Dia menjelaskan, para pegawai BB TNTC itu berada di kawasan Teluk Cenderawasih untuk kepentingan konservasi penyu. Meski demikian, cuaca buruk berupa angin kencang dan tinggi gelombang membuat mereka tidak bisa kembali ke Manokwari.

“Upaya evakuasi menggunakan KN 244 Kumbakarna dengan personel sebanyak 22 ditambah tiga pegawai BB TNTC yang ikut di atas kapal,” ungkap Mercy.

Menurut Mercy, kegiatan para pegawai BB TNTC di kawasan Teluk Cenderawasih sudah dilakukan sejak Minggu (21/10/2018). Meski demikian, keberadaannya di pulau Wairundi baru dilaporkan pada Jumat (26/10/2018).

“Jarak titik para korban dari Manokwari sekitar 59,25 mil laut. Kita estimasikan jika kondisi cuaca mendukung proses evakuasi bisa diselesaikan hari ini. Mudah-mudahan para korban bisa dibawa ke Manokwari sore atau malam hari,” tutup Mercy. (RBM/R1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here