Beranda Manokwari Virus Corona: Mahasiswa Asal Manokwari Sudah Tiba Dari Cina

Virus Corona: Mahasiswa Asal Manokwari Sudah Tiba Dari Cina

285
0
Kabid Pelatihan dan Penempatan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manokwari, Mukrianto. Foto : ARF

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Mahasiswa asal Kabupaten Manokwari yang menempuh studi di Universitas Nanjing, Cina, sudah tiba di Jakarta. Meski demikian, mereka tidak langsung pulang ke Manokwari.

“Sesuai informasi terkahir yang kami terima kemarin malam alhamdulillah 2 mahasiswa yang berkuliah di Universitas Nanjing sudah tiba di Jakarta. Setelah tiba mereka kemudian menjalani pemeriksaan dan hasilnya dinyatakan sehat,” kata Kabid Pelatihan dan Penempatan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manokwari, Mukrianto, Kamis (30/1/2020).

Kata Mukri, mahasiswa asal Manokwari yang berkesempatan berkuliah di Nanjing terdiri atas 4 orang. Kendati demikian, satu diantaranya sudah pulang kembali ke Manokwari dan tidak melanjutkan kuliah lagi karena alasan kesehatan. Sementara, satu mahasiswa lainnya telah lebih awal pulang ke Manokwari sebelum virus corona mewabah di daratan Cina.

“Dua mahasiswa tersebut, yang satu saat ini sudah berada di Surabaya bersama keluarganya. Satunya lagi, ada ke Manando, karena pertimbangan biaya tiket ke Manokwari dan penginapan di Jakarta. Kemungkinan pekan depan baru mereka tiba di Manokwari,” ujarnya.

Mahasiswa asal Manokwari tersebut memilih untuk kembali ke tanah air karena khawatir dengan kesehatan dan keselamatan mereka, setelah kondisi di Nanjing yang tidak memungkinkan untuk tetap bertahan di sana.

“Untuk biaya pulang kembali kembali ke Manokwari masih dikomunikasikan ke kepala daerah. Sampai sekarang belum ada petunjuk. Jadi biaya transportasi yang dipakai untuk pulang itu sebenarnya uang dari pemda yang diperuntukan sebagai uang makan selama mereka kuliah di Nanjing,” jelas Mukrianto.

“Mereka tetap akan kembali ke Cina untuk melanjutkan kuliah. Kebetulan saat ini lagi libur semester 1 bulan dan aktif kuliah pada 18 Februari nanti. Kita juga lihat kondisi di Cina kalau sudah aman, mereka akan kembali. Kalaupun masih rawan, kami akan komunikasikan dengan PT SDIC untuk membantu komunikasikan dengan pihak universitas supaya ada dapat kompensasi,” sambungnya.

Lihat juga  Disdukcapil Manokwari Terapkan Layanan Jemput Bola Terbitkan KIA dan Akte Kelahiran

Mukri menambahkan, rencana kepulangan mahasiswa asal Manokwari telah diberitakan ke Kedubes RI di Cina.

“Ini salah satu upaya pemda Manokwari memberikan perhatian kepada mahasiswa yang dikirim ke Cina. Tidak jadi masalah karena mahasiswa sudah tiba di Manokwari,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Manokwari, Agung Ardyanto mengatakan, terkait dengan rencana kepulangan mahasiswa asal Manokwari yang kuliah di Nanjing Cina, belum ada informasi yang diterima dari pihak terkait.

“Kami belum dapat informasinya. Mereka pasti melalui Bandara Soekarno Hatta. Di sana pasti akan diperiksa oleh petugas yang untuk memastikan kesehatan mereka,” ujarnya. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.