Beranda Manokwari Warga Kampung Waseki Pop Minta Sarana Air Bersih

Warga Kampung Waseki Pop Minta Sarana Air Bersih

167
0
Sumber air bersih di Kampung Waseki Pop. Foto : Dok. Pribadi Yohanis Prawar

MANOKWARI, PAPUAKITA.comPemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Kampung Waseki Pop, Distrik Prafi menjadi salah satu priortas pembangunan pemerintahan kampung setempat.

“Di daerah kami, kampung Waseki Pop ada air terjun yang bisa dijadikan sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga. Potensi air bersih ini bisa juga disalurkan untuk warga di dataran distrik prafi, distrik Masni dan distrik Warmare,” kata Sekretaris Kampung Yohanis Prawar ketika menghubungi papuakita.com, Rabu (3/3/2021).

Dengan potensi sumber air bersih tersebut, Yohanis berharap, instansi teknis baik di tingkat kabupaten dan provinsi bisa mewujudkan pembangunan sarana air bersih. Sehingga kebutuhan air bersih warga bisa terpenuhi.

”Dinas terkait di kabupaten Manokwari dan provinsi Papua Barat bisa bekerja sama dengan pemerintah kampung dan kepala suku, melakukan survei dan dokumentasi untuk menyiapkan langkah-langkah pembangunan sarana air bersih,” pinta Yohanis Prawar.

Kampung Waseki Pop dihuni oleh 197 Kepala Keluarga (KK). Yohanis mengatakan, pembangunan saluran air bersih ini juga bisa dinikmati oleh warga di kampung Aimasi dan kampung Udapi Hilir.

“Pembangunan sarana air bersih ini nantinya bisa dialirkan ke warga transmigasi di SP-3, kampung Aimasi dan SP-4 kampung Udapi Hilir yang jumlah KK-nya mencapai ribuan. Bahkan bisa dialirkan  untuk dataran Warpramasi (Warmare, Prafi dan Masni),” ujarnya.

Yohanis menambahkan, pembangunan sarana air bersih ini bisa menjadi sumber income bagi daerah. Yang nantinya dapat dikelola oleh PDAM.

“Kami mengharapkan pembangunan sarana air ini bisa sama seperti sumber air bersih milik PDAM yang ada di daerah Maruni, distrik Manokwari Selatan,” tutupnya.

Bupati Manokwari Hermus Indou menyatakan, pemenuhan air bersih bagi masyarakat kabupaten Manokwari menjadi salah satu program strategis. Untuk itu, pemerintah akan melakukan pemetaan terkait potensi-potensi air bersih yang ada di wilayah kabupaten Manokwari.

Lihat juga  Informasi Lengkap Penerimaan CPNS Kabupaten Manokwari

“Kebutuhan air bersih bagi masyarakat di kabupaten Manokwari. Sesuai dengan janji politik yang sudah dikampanyekan, pembangunan air bersih akan dilakukan dengan pendekatan kluster,” katanya.

Di Manokwari direncanakan akan dibangun 5 kluster sarana air bersih. Penentuan sejumlah kluster tersebut akan didahului dengan kajian lapangan. Satu kluster akan membawahi sejumlah wilayah. Selain itu, akan mencari sumber baru air bersih serta mengoptimalkan sumber air bersih yang sudah ada.

“Yang jelas ada lima kluster pembangunan air bersih yang ingin kita wujudkan. Kita akan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui balai wilayah sungai dengan harapan bisa segera diatasi segera,” pungkasnya. (ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.