by

NIKMAT MASA MUDA

Oleh : Abdul Jamil Al Rasyid
Nikmat adalah suatu hal yang enak, bisa membuat diri kita puas dan menyenangkan hati. Semua orang di dunia ingin kenikmatan yang diberikan kepada kita. Nikmat juga bisa kita rasakan. Contohnya makanan, dan nikmat juga bisa membuat kita puas serta menyenangkan.
Ketika kita merasa nikmat, tentu bisa membuat hati kita senang. Orang yang memiliki hati yang sedang senang, tentu pikirannya akan positif-positif saja. Begitu juga sebaliknya, ketika hati tidak senang membuat kita bisa saja berpikiran negatif.
Masa muda adalah dimana seseorang untuk mencari jati dirinya, menikmati hidup, bersenang-senang dengan teman, mencari pengalaman yang baru. Masa muda ini sering dibilang masa remaja, ketika kita masuk usia SMP sampai SMA, itu adalah usia dimana kita bisa mencari jati diri kita.
Ketika waktu itu telah berakhir, kita semua ingin mengulang masa-masa itu. Di mana pada saat itu kita tidak ada beban pikiran, bebas kemana-mana. Ketika sudah masuk masa kuliah tentu tekanan dalam segala hal tentu berbeda dengan SMP/SMA.
Tekanan yang diberikan ketika kita sudah masuk kuliah adalah tentu kita tidak boleh banyak bermain, serius dalam belajar dan dituntut untuk cepat tamat. Setelah selesai kuliah tentu kita masuk dunia kerja, maka hal ini lebih berat lagi. Karena bekerja tentu untuk menghasilkan uang, artinya tidak bekerja, tidak makan. Oleh sebab itu ketika usia kita makin tambah tua, maka beban hidup kita semakin bertambah. Kita semakin tua tau artinya untuk apa kita hidup, tetapi hal ini tentu tetap kita nikmati, jangan menyerah untuk hidup.
Banyak orang yang rindu akan masa mudanya. Penulis saja kalau waktu bisa diputar lagi misalnya, mau saja kembali ke masa muda, dimana tidak ada beban hidup, nakal sedikit sudah hal lumrah, berkumpul dengan teman, bergaul dengan masyarakat, pergi kesana-kemari. Oleh sebab itu selagi kita masih muda nimmatilah, karena tekanan setiap umur kita tentu berbeda.
Tetapi bagi anak-anak muda sekarang jangan pernah meyalahgunakan masa muda misalnya sex bebas, narkoba, minum-minuman keras. Karena ketika hal tersebut kita lakukan, bisa membuat cita-cita kita gagal terwujud. Misalnya kita kecanduan narkoba, bisa saja membuat kecanduan itu menjerumuskan kita kedalamnya. Kita bisa menjadi pengedar narkoba misalnya. Ketika hal tersebut terjadi, bisa saja kita masuk penjara, maka hancurlah masa muda kita.
Berhati-hatilah kita saat masa muda, karena masa muda memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap suatu hal. Masa muda itu adalah masa dibawa kita mudah saja dibawa terhadap suatu hal. Jangan pernah kia salah gunakan masa muda kita. Ketika kita salah gunakan, maka masa depan kita bisa saja suram, ketika hal ini terjadi maka hidup kita bisa saja hancur karena kelakuan kita sendiri.
Disaat muda hati-hatilah dalam bergaul, jangan mudah terbawa oleh orang lain. Kita tentu bisa berpikir bahwa ini baik dan ini buruk. Jangan kita hatalkan saja segala hal, karena hal itu bisa menjerumuskan kita. Dalam bergaul tentu kita kudu hati-hati. Karena semua orang pernah melewati masa muda, ketika orang sudah hancur di masa mudanya maka hal ini juga bisa membuat dia kegagalan di masa depan.
Tentu kita hidup tidak mau kehilangan masa depan. Oleh karena itu masa muda ini penting sebagai sebuah batu loncatan agar kita sukses di kemudian hari. Takutlah akan kehancuran kita di masa depan karena kita terjerumus dalam masa muda. Oleh karena itu nikmatilah masa muda kita, jangan mudah terjerumus ketika muda, hati-hatilah dalam bergaul. Tetap bersemangat seperti pemuda karena bangsa ini merdeka oleh para pemuda. Makanya kita harus hidup bersemangat seperti pemuda, nikmati jangan pernah kita hancurkan masa muda kita.

Penulis adalah Mahasiswa Sastra Minangkabau FIB Unand angkatan 2019. Berdomisili di Padang Pariaman Sumatera Barat, Santri Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Nurul Ikhlas Patamuan Tandikek

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *